Kucing Mixdom Lebih Mudah Dalam Perawatan, Benarkah?

Kucing Mixdom Lebih Mudah Dalam Perawatan, Benarkah?
Ilustrasi kucing persia campuran (mixdom). (Hewanpeliharaan.Org)

Nggak sedikit orang yang urung memelihara kucing ras karena ribet dalam perawatannya. Kalau sudah begini, beralih saja ke jenis mixdom alias campuran. Meski cuma campuran, tampilan kucing jenis ini nggak kalah menawan dari ras asli kok.

Inibaru.id – Kalau kamu pengin memelihara kucing tapi ogah ribet, mungkin bisa mempertimbangkan jenis mixdom atau campuran. Berbeda dengan jenis kucing ras asli, mixdom lebih mudah dirawat. Selain perawatan yang mudah, biaya adopsi kucing ini juga terjangkau.

Jenis mixdom ada banyak, Millens. Kucing tuxedo, domestik bulu pendek, medium hair, tabby, maine coon, adalah beberapa contoh jenisnya.

Ciri-ciri Fisik Kucing Mixdom

Ketika mengadopsi kucing ras, kamu mungkin akan menerima dokumen pelengkap sebagai identitas, tapi nggak demikian dengan mixdom. Secara umum, ciri fisiknya sama dengan ras kucing asli. Kucing ini memang kucing campuran antara kucing ras dan domestik, Millens.

Jadi, untuk membedakannya, kamu perlu tahu ciri indukannya, misalnya warna bola matanya yang berbeda, ekornya yang panjang, warna bulu atau nuansa pola mantel bulu yang bercorak atau polos.

Warna bulu mixdom tergantung indukan, seperti putih, hitam, abu, atau kombinasi. Rata-rata usia kucing campuran juga lebih panjang yaitu 14-20 tahun. Selain itu, kucing ini juga gampang sekali bereproduksi. Kalau nggak pengin kebanyakan anak kucing, kamu bisa memilih opsi steril.

Karakter Umum Kucing Mixdom

Ketika memutuskan untuk memelihara kucing jenis mix, bisa saja kamu mendapat jenis yang nggak terduga. Kucing campuranmu mungkin memiliki sifat pendiam, manja, hingga bertingkah lucu. Mereka sangat senang diperhatikan dan diajak bermain. Duh, menggemaskan banget ya?

Cara Merawat Kucing Mixdom

Yang perlu kamu perhatikan ketika merawat mixdom adalah mantel bulunya. Apakah bulunya termasuk jenis pendek, panjang, atau medium.

Sering Disisir

Kucing mixdom dengan bulu medium dan panjang perlu sering disisir. (123rf via Kandangkucing)
Kucing mixdom dengan bulu medium dan panjang perlu sering disisir. (123rf via Kandangkucing)

Jika kucing mixdom milikmu berbulu pendek, cukup sisir bulunya seminggu sekali untuk menghindari kerontokan. Selanjutnya, jenis bulu medium atau panjang perlu disisir lebih sering agar tetap indah dan nggak kusut.

Jangan Sering Dimandikan

Mixdom tergolong kucing yang mandiri dalam hal perawatan tubuhnya. Jadi, kamu nggak perlu deh memandikannya sering-sering. Cukup lakukan sebulan sekali atau saat dia sedang sangat kotor seperti terjebur di got. Lagipula, ketika kamu melihat mereka menjilati bulunya, itu artinya ia sedang mandi.

Perhatikan Telinganya

Perhatikan bagian telinga mixdom ketika kamu memandikannya. Jangan sampai ada penumpukan zat lilin di dalam telinganya. Selain itu, perhatikan apakah si mpus terkena infeksi atau tungau.

Perawatan Kuku

Jangan biarkan kuku kucing terlalu panjang. Potonglah kukunya sebulan sekali dengan gunting kuku khusus hewan.

Beri Kegiatan yang Cukup

Kamu bisa membeli atau membuat penggaruk untuk kucing. (Homedit via 99)
Kamu bisa membeli atau membuat penggaruk untuk kucing. (Homedit via 99)

Kucing yang dirawat di ruangan khusus biasanya memang lebih sehat, tapi cenderung kelebihan berat badan. Bisa juga ia cepat bosan karena nggak ada kegiatan.

Oleh karena itu, berikan aktivitas yang cukup seperti menyediakan mainan puzzle atau tiang penggaruk.  Jangan sampai kucingmu terlalu gemuk ya.

Makanan

Enaknya memelihara kucing jenis ini adalah nggak perlu menyediakan makanan mahal. Yang penting nutrisi dan jenisnya diperhatikan. Bagaimanapun, mixdom butuh nutrisi untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

Pilih makanan yang tinggi protein, rendah lemak, dan mengandung vitamin serta mineral yang cukup. Kamu bebas memberikan makanan tipe basah atau kering karena biasanya mixdom bukan tipe pemilih. Dalam sehari, berikan tiga kali makan dan berikan snack di sela-sela aktivitasnya.

Jadi, gimana tertarik memelihara mixdom alias kucing campuran, Millens? (Kaw/IB21/E07)