Kucing Bisa Melihat Hantu, Beneran?

Kucing Bisa Melihat Hantu, Beneran?
Kucing bisa melihat hantu? (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Terkadang, kucing seperti menatap sudut ruangan yang kosong layaknya melihat sesuatu yang nggak kasat mata. Mereka juga mudah terkejut atau tiba-tiba waspada akan sesuatu secara tiba-tiba. Kucing bisa melihat hantu?

Inibaru.id – Kamu pasti pernah melihat kucing seperti memandangi sudut ruangan atau terkejut dengan hal-hal yang nggak bisa kita lihat atau dengar. Sejumlah orang pun berpikir kalau kucing bisa melihat hantu. Beneran nggak, sih?

Selain kecenderungan kucing yang seperti mudah kaget atau waspada, kamu pasti tahu kan kalau kucing memiliki mata yang unik. Yap, mata kucing seperti bisa bercahaya kalau berada di dalam gelap. Nah, ternyata ada lo yang percaya kalau mata kucing ini memiliki kemampuan khusus, yakni mampu melihat hal-hal yang nggak kasat mata seperti hantu.

Nah, pakar kucing Jackson Galaxy mengungkap kelebihan bawaan kucing yang membuat kita, manusia, berpikir mereka memiliki kemampuan yang sangat luar biasa, termasuk dalam hal-hal yang bersifat supranatural. Dia mengungkapnya di media khusus hewan-hewanan, Daily Paws.

Jackson menyebut kucing memiliki penglihatan cahaya rendah yang sangat baik, jauh lebih baik dari penglihatan manusia. Bahkan, saat senja atau fajar saat cahaya nggak begitu terlihat jelas, mereka tetap bisa melihat dan memburu mangsanya dengan baik.

Hal ini disebabkan oleh mata kucing yang memiliki tapetum lucidum, semacam jaringan yang ada di bagian belakangan retina dan berfungsi untuk mengumpulkan dan memantulkan kembali cahaya. Nah, keberadaan lapisan jaringan inilah yang membuat matanya terlihat seperti bercahaya saat gelap.

Kucing memiliki kemampuan indera jauh lebih baik dari manusia. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Kucing memiliki kemampuan indera jauh lebih baik dari manusia. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Selain penglihatannya, kucing juga punya kelebihan lain, yakni pendengaran luar biasa. Nah, khusus untuk memampuan ini, banyak yang menyalahartikannya sebagai kemampuan melihat hal-hal supranatural.

Jadi gini, Millens, kucing mampu mendengar nada yang jauh lebih tinggi dari pendengaran kita, tepatnya 1,5 oktaf lebih tinggi. Selain itu, indera penciumannya juga 9 sampai 16 kali lebih baik dari kita karena kucing memiliki organ Jacobson atau juga disebut sebagai vomeronasal. Organ ini mampu mengumpulkan aroma sehingga membuatnya bisa mencium jauh lebih baik dari manusia.

Nah, yang menarik, kumis kucing juga memiliki kemampuan luar biasa dalam merasakan perubahan suhu atau bahkan arus udara. Kombinasi dari hal-hal inilah yang membuat mereka seperti mampu melihat atau merasakan hal-hal yang nggak kasat mata sehingga mudah berdiri, terkejut, atau waspada akan sesuatu hal.

“Kucing bisa merasakan, melihat, dan mewaspadai sesuatu jauh lebih cepat dan leih baik dari kita,” tegas Jackson.

Hal ini juga yang membuat kucing seperti mudah gelisah sebelum ada bencana seperti gempa atau hal lain. Mereka seperti bisa merasakan adanya perubahan dengan jauh lebih baik pada hal-hal di sekitarnya.

Kalau kamu, sering nggak melihat kucing seperti menatap sesuatu di pojok ruangan atau lokasi lain yang membuat mereka seperti bisa melihat hantu, Millens? (Kom/IB09/E05)