Inibaru.id - Di Indonesia, keberadaan media cetak seperti koran sudah nggak sebanyak dulu. Bahkan, banyak perusahaan koran gulung tikar dan memutuskan untuk nggak beroperasi lagi. Tentu saja itu semua terjadi karena masyarakat kita kebanyakan membaca berita bukan dari koran, melainkan beralih ke format digital.
Fenomena yang sama juga terjadi di banyak negara, tapi nggak dengan Jepang. Di Negeri Matahari Terbit itu kita masih bisa dengan mudah menjumpai koran dan pembaca setianya. Kenapa? Karena di sana masyarakatnya masih lekat dengan budaya membaca koran.
Wakil Pemimpin Redaksi koran lokal Jepang Shinano Mainichi, Norio Kikuchi mengatakan, budaya membaca koran di antara warga Jepang membantu media cetak lokal di Prefektur Nagano tersebut bertahan dari gempuran media digital.
"Karena ada budaya orang Jepang yang sejak lama terbiasa membaca media cetak, maka ada kebutuhan untuk itu sampai sekarang," kata Kikuchi di Kantor Shinano Mainichi, Nagano, Jumat (17/2).
Dia mengatakan kebiasaan warga yang senang membaca koran, terutama mereka yang berusia di atas 40 tahun, terbukti mampu mendorong perkembangan media cetak tertua di Jepang itu dari gempuran media digital yang lebih digemari generasi muda.
Kikuchi menyebutkan bahwa jumlah warga yang berusia di atas 40 tahun di Nagano dan daerah sekitarnya adalah sekitar 40%. Sedangkan sisanya adalah generasi berusia 30-40 tahun dan juga di bawahnya.
Jadi, eksistensi media cetak tetap ada ketika sebagian besar warga lansia berusia di atas 40 tahun memang memiliki kebiasaan membaca koran yang cukup kuat.
Eksistensi media cetak yang terus berkembang itu, ujar dia, juga menjadikan Shinano Mainichi sebagai media cetak terbesar keempat di Tokyo. Shinnao Mainichi terus berkembang sejak berdirinya koran tersebut pada sekitar 150 tahun lalu.
Perkembangan itu dapat dibuktikan dari jumlah cetak sebanyak 140 ribu eksemplar yang diterbitkan setiap hari oleh koran tersebut. Kikuchi juga mengatakan bahwa meski pandemi memengaruhi sebagian besar ekonomi di seluruh dunia, media cetak Shinano Mainichi terus tumbuh dan berkembang.
Ternyata budaya suka membaca berhubungan dengan keberlangsungan industri koran cetak di Jepang ya, Millens? Salut banget dengan para orang tua Jepang yang masih suka baca! (Siti Khatijah/E05)
Artikel ini telah terbit di Media Indonesia dengan judul Ini Alasan Media Cetak Jepang Bisa Bertahan.