Kok Fosil Dinosaurus Nggak Pernah Ditemukan di Indonesia?

Kok Fosil Dinosaurus Nggak Pernah Ditemukan di Indonesia?
Fosil dinosaurus nggak pernah ditemukan di Indonesia. (Flickr/ Ivan Radic)

Fosil dinosaurus bisa ditemukan dari Inggris, Korea Selatan, hingga Argentina. Namun, fosil dinosaurus nggak pernah ditemukan di Indonesia. Apa ya alasan dari hal ini?

Inibaru.id – Di berbagai belahan dunia, bisa ditemukan fosil dinosaurus yang berasal dari jutaan tahun yang lalu. Tapi, kalau dicermati, fosil dinosaurus nggak pernah ditemukan di Indonesia. Apakah di zaman dulu nggak pernah ada dinosaurus yang tinggal di sini?

Fosil-fosil dinosaurus bisa kamu temukan di Inggris, Korea Selatan, hingga ke Argentina. Nah, bisa dikatakan Indonesia ada di antara negara-negara tersebut. Namun, tidak ada satupun fosil dinosaurus yang pernah dilaporkan ditemukan di sini.

Jadi, dinosaurus itu diperkirakan muncul pada 230 juta tahun yang lalu. Masa itu dikenal dengan periode Trias. Mereka menjadi pendominasi bumi selama sekitar 135 juta tahun dan punah pada 65 juta tahun yang lalu atau di periode Kapur.

Kalau menurut Museum Geologi Bandung, Kepulauan Indonesia masih belum terbentuk di masa punahnya dinosaurus itu. Jadi, wajar kalau nggak ada fosil dinosaurus di sini. Maklum, di zaman itu memang belum ada pulau bagi dinosaurus tinggal.

“Saat dinosaurus hidup, Indonesia masih berupa lautan. Dinosaurus itu hidupnya dari 65 juta tahun (sampai 230 juta tahun lalu). Sementara Indonesia baru terbentuk jadi daratan sekitar 50 juta tahun yang lalu,” terang Silvi Agustina, pemandu Museum Geologi Bandung.

Kepulauan Indonesia belum terbentuk saat dinosaurus punah. (Flickr/

Nenad Stojkovic)
Kepulauan Indonesia belum terbentuk saat dinosaurus punah. (Flickr/ Nenad Stojkovic)

Jeda antara terbentuknya kepulauan Indonesia dan punahnya dinosaurus ini sangatlah lama sehingga bisa dipastikan nggak bakal ada fosil dinosaurus di Indonesia. Kalaupun ada fosil dinosaurus yang ditemukan di sini, nggak bakal diklasifikasikan sebagai dinosaurus.

Yang menarik, sebenarnya ada lo hewan yang juga hidup di masa dinosaurus yang diperkirakan juga hidup di wilayah yang sekarang jadi Indonesia. Hewan tersebut adalah Ichthyosaurus, semacam reptil laut dengan ukuran raksasa sebagaimana dinosaurus. Ada fosil dari hewan ini yang ditemukan di Pulau Seram, Maluku.

Lantas, kok Ichthyosaurus nggak dikategorikan jadi dinosaurus? Hal ini disebabkan oleh hewan yang ada di masa Mesozoikum ini justru lebih mirip layaknya lumba-lumba. Diperkirakan, hewan ini sudah punah sekitar 90 juta tahun yang lalu.

Diperkirakan, hewan ini bisa tumbuh hingga enam meter. Di bagian atas tubuh, ada semacam sirip yang fungsinya membantu Ichthyosaurus mengarahkan badan saat bergerak. Yang menarik dari hewan ini adalah ukuran matanya yang cenderung besar sekaligus menonjol. Keberadaan mata ini sangatlah penting karena membantu mereka mengincar mangsa di dalam laut dengan cahaya matahari yang minim.

Ichthyosaurus termasuk dalam hewan karnivora. Hal ini disebabkan oleh adanya struktur gigi dengan jumlah lebih dari 100 buah gigi. Struktur gigi ini menunjukkan kalau hewan ini memakan daging, khususnya ikan-ikan lain di lautan.

Kalau kamu datang ke museum-museum dinosaurus, yang kamu lihat itu bukanlah benar-benar fosilnya, ya, Millens. Melainkan hanya replikanya saja. Ya, yang penting kita bisa belajar tentang dinosaurus tanpa jauh-jauh ke luar negeri. (Ber/IB09/E05)