inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN Mengundurkan Diri
Senin, 3 Jun 2024 17:52
Penulis:
Siti Zumrokhatun
Siti Zumrokhatun
Bagikan:
Mensesneg Pratikno mengumumkan pengunduran diri Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono dan Wakil Kepala OIKN Dhony Rahajoe di Istana Kepresidenan Jakarta pada hari Senin. (Sindo/Raka Dwi Novianto)

Mensesneg Pratikno mengumumkan pengunduran diri Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono dan Wakil Kepala OIKN Dhony Rahajoe di Istana Kepresidenan Jakarta pada hari Senin. (Sindo/Raka Dwi Novianto)

Istana mengumumkan pengunduran diri dua petinggi IKN yaitu Ketua Otorita IKN Bambang Susantono dan Wakil Otorita IKN Dhony Rahajoe.

Inibaru.id - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengumumkan pengunduran diri Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono dan Wakil Kepala OIKN Dhony Rahajoe di Istana Kepresidenan Jakarta pada hari Senin.

"Beberapa waktu yang lalu Bapak Presiden menerima surat pengunduran diri dari Pak Dhony Rahajoe selaku Wakil Kepala Otorita IKN. Kemudian beberapa waktu berikutnya Presiden juga menerima surat permohonan pengunduran diri dari Bapak Bambang Susantono sebagai kepala otoritas IKN," kata Pratikno.

Dia menjelaskan bahwa telah diterbitkan Surat Keputusan Presiden yang memberhentikan dengan hormat Bambang Susantono dari jabatannya sebagai Kepala Otorita IKN dan Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN, serta menyampaikan ucapan terima kasih atas pengabdian mereka.

Menindaklanjuti hal tersebut, Pratikno menyatakan bahwa per hari ini telah diterbitkan Keputusan Presiden (Keppres) yang mengangkat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita IKN dan Wakil Menteri ATR Raja Juli Antoni sebagai Plt Wakil Kepala Otorita IKN.

"Sekaligus Pak Presiden mengangkat Menteri PUPR Pak Basuki sebagai Plt Kepala Otorita IKN dan mengangkat Wakil Menteri ATR sebagai Wakil Otorita IKN," katanya.

Pratikno menyebutkan bahwa Presiden meminta Basuki dan Raja Juli untuk menjamin percepatan pembangunan dengan sebaik-baiknya, sesuai visi pada rencana Nusa Rimba Raya, serta memberikan manfaat positif bagi masyarakat.

Tugas Baru

Kepala OIKN Bambang Susantono. (Kompas/Isna Rifka Sri Rahayu)
Kepala OIKN Bambang Susantono. (Kompas/Isna Rifka Sri Rahayu)

Setelah mengundurkan diri, Bambang Susantono ternyata mengemban tugas baru dari Presiden. Rupanya tugas baru ini nggak jauh-jauh dari tugas semula.

"Pak Bambang Susantono akan diberi penugasan baru, membantu langsung Bapak Presiden untuk memperkuat kerja sama internasional bagi percepatan pembangunan IKN," ujar Pratikno dalam keterangan tertulisnya, Senin (3/6/2024).

Mensesneg Pratikno juga menjelaskan bahwa pengunduran diri Bambang Susantono dan Dhony Rahajo telah lama dibicarakan dengan presiden. Pernyataan ini juga sekaligus menepis kabar-kabar miring yang beredar terkait pengunduran diri keduanya.

"Itu sudah lama kok itu pembicaraan. Tapi surat (Keppres pemberhentian dengan hormat) memang baru (terbit)," ujar Pratikno.

Hm, kalau tugasnya masih seputar percepatan pembangunan IKN, kenapa harus mundur segala ya, Millens? Kan wajar kalau masyarakat berspekulasi. Kalau menurutmu gimana? (Siti Zumrokhatun/E10)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved