inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Keberlangsungan Dana Abadi Kebudayaan
Sabtu, 6 Mei 2023 16:26
Penulis:
Inibaru Indonesia
Inibaru Indonesia
Bagikan:
Pemerintah mengucurkan dana sebesar Rp5 triliun untuk melestarikan budaya. (Antara/Jojon/Wsj)

Pemerintah mengucurkan dana sebesar Rp5 triliun untuk melestarikan budaya. (Antara/Jojon/Wsj)

Pemerintah memastikan tetap menggelontorkan dana abadi sebesar Rp5 triliun untuk kebudayaan.

Inibaru.id - Melestarikan budaya nggak cuma membutuhkan niat dan minat, tapi juga dana. Untuk itu, sebagai perwujudan komitmen pemerintah dalam pelestarian budaya, dana sebesar Rp5 triliun bakal tetap dikucurkan.

Hal ini disampaikan Kantor Staf Presiden (KSP), Sabtu (6/5/2023). Pihaknya memastikan keberlangsungan program Dana Abadi Kebudayaan yang telah diluncurkan pada tahun lalu. Program ini dinamakan Dana Indonesiana.

Dijelaskan Deputi Bidang Pembangunan Manusia (II) KSP Abetnego Tarigan bahwa pemerintah akan menyediakan dana pokok sebesar Rp5 triliun hingga 2024 nanti.

"Dana ini akan diputar dan bunga dari dana tersebut yang akan digunakan untuk membiayai proposal-proposal proyek kebudayaan dari masyarakat. Sementara itu, pengajuan proposal dapat dilakukan secara perseorangan atau melalui kelompok masyarakat, seperti Gentra Lestari Budaya (GLB)," ujarnya Sabtu (6/5).

Dia meyakinkan bahwa pemerintah serius dalam mendukung pemajuan kebudayaan. Bukan cuma itu, Pemerintah bahkan menyediakan beasiswa bagi masyarakat yang pengin melanjutkan pendidikan khusus di bidang kebudayaan.

Masyarakat bisa mengajukan beasiswa pendidikan kebudayaan. (via Kompas)
Masyarakat bisa mengajukan beasiswa pendidikan kebudayaan. (via Kompas)

"Melalui beasiswa itu, sekitar 300 proposal proyek pengembangan budaya tahun 2022 dilakukan para pelaku seni dan budaya," imbuhnya.

KSP, terang Abetnego, mendukung kegiatan-kegiatan pemajuan kebudayaan. Salah satu kegiatan tersebut yakni diadakannya kompetisi tari kreasi nusantara yang diselenggarakan oleh GLB. Kompetisi tari kreasi baru, menurutnya merupakan pengembangan dari seni tari tradisional.

Semoga dengan adanya Dana Indonesiana ini nggak ada budaya luhur yang punah ya, Millens. (Siti Zumrokhatun/E10)

Artikel ini telah terbit di Media Indonesia dengan judul Pemerintah Gelontorkan Rp5 Triliun untuk Dana Abadi Kebudayaan.

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved