Kawasan Industri Brebes Digadang Mampu Tekan Angka Kemiskinan

Kawasan Industri Brebes Digadang Mampu Tekan Angka Kemiskinan
Focus Group Discusion (FGD) dan konsultasi publik Kementerian ATR/BTN soal Kawasan Industri Brebes belum lama ini. (Diskominfotik Brebes)

Menurut Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dibangunnya Kawasan Industri Brebes (KIB) nantinya bakal mengurangi angka kemiskinan. 

Inibaru.id - Menurut Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, angka kemiskinan di Jateng bisa ditekan.

Salah satu caranya dengan mendorong pembangunan Kawasan Industri Brebes (KIB) Jawa Tengah.

Saat ini pembangunan KIB masih dalam tahap rencana detail tata ruang. Perencanaan itu digarap Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertahanan Nasional.

Hal ini disampaikan Ganjar dalam acara Forum Perumusan Analisis Kebijakan (Pusaka) Jateng di Ballroom Hotel Tentrem, Kota Semarang pada Selasa (3/8/2022).

Dalam kesempataan tersebut Ganjar meminta Pemerintah Kabupaten Brebes untuk mencari lahan dengan harga yang sesuai. Menurutnya, pembangunan KIB akan menarik investor untuk datang.

Jika ada banyak investor, akan terbuka lapangan kerja baru sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Maka, saya minta dorongan kepada pemerintah daerah khususnya di Brebes, bisa nggak mencari lokasi tanah yang harganya nggak terlalu tinggi? Itu akan menarik investor dan menyerap tenaga kerja,” kata Ganjar.

Untuk realisasi KIB, Pemprov Jawa Tengah akan selalu mendukung penuh. Ganjar berharap pembangunaan KIB membuat angka kemiskinan menurun dan kesejahteraan masyarakat meningkat.

Kira-kira bakal butuh waktu berapa lama sampai terealisasi KIB ya? Semoga saja KIB benar menjadi salah satu solussi untuk mengentaskan kemiskinan di wilayah Jateng. (Medcom/IB20/E03)