inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Inovasi Lingkungan dan Kehutanan di Jateng Bikin Kementerian LHK Kepincut
Kamis, 6 Jun 2024 19:11
Penulis:
Siti Zumrokhatun
Siti Zumrokhatun
Bagikan:
Program pemanfaatan sedimentasi laut di Pantai Moro Demak ternyata mampu merevitalisasi fungsi sosial, ekonomi, bakau, tambak, pariwisata, dan lainnya. (BUMDes Moro Demak)

Program pemanfaatan sedimentasi laut di Pantai Moro Demak ternyata mampu merevitalisasi fungsi sosial, ekonomi, bakau, tambak, pariwisata, dan lainnya. (BUMDes Moro Demak)

Salah satu inovasi di bidang lingkungan dan kehutanan yang dilakukan Pemprov Jawa Tengah adalah pemanfaatan lahan kritis di Pantai Moro Demak. Bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan, Pemprov Jateng merevitalisasi fungsi sosial, ekonomi, bakau, tambak, pariwisata, dan lainnya. Rupanya, inovasi ini membuat Kementerian LHK tertarik untuk melakukan studi lapangan.

Inibaru.id - Inovasi-inovasi di bidang lingkungan dan kehutanan yang dijalankan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menarik perhatian Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk melakukan studi lapangan. Sebanyak 38 peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) dari KLHK mempelajari inovasi perencanaan dan kegiatan yang telah dilakukan oleh Pemprov Jateng.

Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Sumber Daya Manusia Kementerian LHK, Kusdamayanti menyatakan bahwa kegiatan studi lapangan ini bertujuan untuk memfasilitasi peserta dalam mempelajari berbagai inovasi di Provinsi Jateng. Diharapkan, program yang dilaksanakan oleh Pemprov Jateng dapat menjadi inspirasi dalam membuat aksi perubahan yang dapat diterapkan di unit kerja masing-masing.

"Ini untuk memperkaya wawasan para peserta," kata Kusdamayanti di Gedung B Kantor Setda Provinsi Jateng, Kamis (6/6).

Dia menambahkan bahwa setelah studi lapangan, para peserta akan menyusun aksi perubahan yang hasilnya akan diseminarkan pada 13 Juni 2024.

Sekretaris Daerah Provinsi Jateng, Sumarno, menyatakan bahwa Jawa Tengah telah melakukan banyak inovasi di bidang lingkungan dan kehutanan. Salah satunya adalah inovasi pemanfaatan lahan kritis bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan, melalui program pemanfaatan sedimentasi laut di Pantai Moro Demak untuk merevitalisasi fungsi sosial, ekonomi, bakau, tambak, pariwisata, dan lainnya.

Sekda Sumarno menegaskan bahwa Pemprov Jateng berkomitmen untuk menjaga lingkungan dan kehutanan. (Diskominfo Jateng)
Sekda Sumarno menegaskan bahwa Pemprov Jateng berkomitmen untuk menjaga lingkungan dan kehutanan. (Diskominfo Jateng)

Baru-baru ini, Pemprov Jateng berkolaborasi dengan KLHK dalam program Forestry and Other Land Use (FOLU) Net Sink 2030. Agendanya menurunkan emisi gas rumah kaca untuk mengendalikan perubahan iklim.

Sumarno menegaskan bahwa Pemprov Jateng berfokus pada masalah lingkungan dan kehutanan. Ini bisa dibuktikan melalui asesmen bersama terhadap perizinan usaha. Semua pihak, mulai dari pemerintah, masyarakat, hingga perusahaan atau pemangku kepentingan terkait, harus terlibat dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Menjaga kelestarian lingkungan dan hutan memang sudah semestinya menjadi tanggungjawab bersama. Karena itu, ide brilian dan tenagamu sangat dibutuhkan. Jangan sampai kita abai terhadap kondisi lingkungan ya, Millens! (Siti Zumrokhatun/E10)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved