Hati-Hati, Alis Rontok Bisa Terjadi karena 5 Alasan Serius Ini!

Hati-Hati, Alis Rontok Bisa Terjadi karena 5 Alasan Serius Ini!
Ilustrasi alis rontok. (Shutterstock via Suara)

Kerontokan juga bisa menimpa rambut alis. Dalam dunia medis, kerontokan alis disebut hipotrikosis. Selain karena terlalu keras ketika mencabut alis, ada 5 penyebab yang lebih serius.  

Inibaru.id – Banyak orang, terutama kaum Hawa yang mendambakan alis yang hitam dan tebal. Meski mereka bisa menciptakan bentuk alis dengan tata rias, tetap saja alis tebal dan hitam alami memiliki nilai plus.

Banyak perempuan sampai harus menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk “ngalis”, terutama mereka yang alisnya tipis. Memang, nggak semua orang dilahirkan dengan alis tebal. Bahkan, ketika dewasa alis bisa saja mengalami kerontokan.

Dalam dunia medis, kerontokan rambut alis dikenal dengan hipotrikosis alis atau madarosis alis. Kondisi ini dapat terjadi pada laki-laki maupun perempuan. Gejala munculnya hipotrikosis bisa ditandai dengan kerontokan pada salah satu atau kedua sisi alis, atau kulit di sekitar alis terasa kering dan gatal.

Melansir dari Health Shots via Medcom, Jumat (22/9/2022), Dr Swapna Athawale, Consultant–Aesthetic and Plastic Surgeon Jupiter Hospital, Pune, India mengungkapkan biasanya kerontokan rambut alis dikarenakan proses pencabutan yang terlalu keras atau penggunaan produk riasan alis yang berlebihan.

Penyebab yang Lebih Serius

Kerontokan rambut alis bisa terjadi karena sejumlah alasan. (Aritha/Pixabay)
Kerontokan rambut alis bisa terjadi karena sejumlah alasan. (Aritha/Pixabay)

Selain karena proses pencabutan yang terlalu keras atau penggunaan produk riasan alis yang berlebihan, ada juga penyebab kerontokan rambut alis lainnya yang lebih serius, yaitu:

1. Penuaan

Ternyata, nggak cuma rambut kepala yang rontok, alis juga bisa ikutan tipis. Umumnya, hal ini terjadi pada usia 40-an. Hal ini karena testosteron pada laki-laki dan estrogen pada perempuan tumbuh di luar kendali atau nggak seimbang.

2. Alopecia

Kondisi autoimun yang dikenal dengan alopecia areata ini menyebabkan tempat tumbuhnya folikel rambut menjadi tertunda atau bahkan menghentikan pertumbuhan rambut.

3. Kekurangan Nutrisi

Ketika seseorang kekurangan nutrisi-nutrisi tertentu, dapat berdampak pada kerontokan rambut. Nutrisi tersebut adalah biotin (vitamin B-7), vitamin C (perkembangan kolagen), zat besi, vitamin E, B-12, dan D, sistein, dan asam lemak omega-3. Jadi, kalau mau alismu tetap eksis pastikan nggak kekurangan nutrisi-nutrisi tersebut ya.

4. Stres

Stres dan kecemasan bisa mengubah keadaan fisiologis seseorang, mengakibatkan perubahan kadar hormon dan jumlah oksigen yang diterima folikel rambut. Akibatnya, terjadi penipisan alis.

5. Kehamilan dan Persalinan

Hamil dan melahirkan dapat memengaruhi hormon dan komponen lain dari biokimia tubuh. Ini dapat mengganggu siklus rambut sehingga mengakibatkan kerontokan.

Hm, kira-kira apa yang bakal kamu lakukan ketika alismu rontok, Millens? (Siti Zumrokhatun/E03)  

Artikel ini telah terbit di Medcom.id dengan judul Catat! 5 Penyebab Serius Kerontokan Rambut Alis.