Harga Pertamax, Solar, dan Pertalite Resmi Naik; Jadi Segini! 

Harga Pertamax, Solar, dan Pertalite Resmi Naik; Jadi Segini! 
Beberapa hari lalu, antrean panjang terjadi di beberapa pon bensin di banyak daerah di Indonesia. Warga rela mengantre untuk mendapatkan BBM dengan harga lama. (MI/Susanto)

Mulai hari ini harga BBM baik subsidi maupun nonsubsidi mengalami kenaikan. Keputusan ini terpaksa diambil Presiden Joko Widodo karena anggaran subsidi dan kompensasi BBM 2022 telah meningkat tiga kali lipat. 

Inibaru.id - Kekhawatiran masyarakat tentang kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) beberapa hari ini akhirnya terjawab sudah. Hari ini, Sabtu (3/9/2022) pukul 14.30 WIB Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan kenaikan harga BBM subsidi jenis pertalite dan solar, serta BBM nonsubsidi pertamax.

Harga pertalite yang semula Rp 7.650 per liter kini berubah menjadi Rp 10.000 per liter. Sementara solar yang semula Rp 5.150 per liter naik menjadi Rp 6.800 per liter. Adapun harga pertamax ditetapkan sebesar Rp 14.500 per liter dari sebelumnya Rp 12.500 per liter.

Presiden Jokowi mengatakan lebih dari 70 persen subsidi justru dinikmati oleh kelompok masyarakat mampu, yaitu pemilik mobil pribadi. (MI/Antara/Sigid Kurniawan)
Presiden Jokowi mengatakan lebih dari 70 persen subsidi justru dinikmati oleh kelompok masyarakat mampu, yaitu pemilik mobil pribadi. (MI/Antara/Sigid Kurniawan)

Jokowi mengatakan pemerintah telah berupaya sekuat tenaga untuk melindungi rakyat dari gejolak harga minyak dunia. Dia pun mengaku sebetulnya ingin harga BBM di dalam negeri tetap terjangkau dengan memberikan subsidi dari APBN.

"Tetapi, anggaran subsidi dan kompensasi BBM 2022 telah meningkat tiga kali lipat dari Rp152,5 triliun menjadi Rp502,4 triliun rupiah. Itu akan meningkat terus dan lebih dari 70 persen subsidi justru dinikmati oleh kelompok masyarakat yang mampu, yaitu pemilik mobil pribadi," ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (3/9).

Sebagai kompensasi, pemerintah mengalihkan anggaran subsidi BBM untuk bantuan langsung kepada masyarakat yang membutuhkan sehingga lebih tepat sasaran.

Nah, setelah mendengar penjelasan dari presiden tentang alasan naiknya harga BBM, apakah kamu menjadi lebih legowo dan menerima dengan hati yang slow, Millens? Semoga saja, ya! (Siti Khatijah/E03)

 Artikel ini telah terbit di Media Indonesia dengan judul Resmi! Harga Pertalite, Solar, dan Pertamax Naik