BerandaHits
Senin, 9 Jan 2023 08:05

Habis Patah Hati Potong Rambut? Kenapa ya?

Habis Patah Hati Potong Rambut? Kenapa ya?

Banyak perempuan yang memutuskan untuk memotong atau mengubah gaya rambut biar lebih lega. (Cnet)

Bagi beberapa perempuan, memotong rambut usai patah hati bukanlah hal yang aneh. Tapi, kenapa ya banyak perempuan yang memotong rambut setelah jalinan asmaranya kandas?

Inibaru.id – Beberapa perempuan mungkin tergerak hatinya untuk memotong rambut ketika sedang stres entah karena pekerjaan atau asmara.

Ternyata hal ini bukan terjadi secara kebetulan lo. Mereka melakukannya untuk bertahan atau dikenal dengan istilah coping mechanism. Ini diungkap Ahli Hubungan dan Seks asal Amerika Serikat Dr Laura Berman sebagaimana dilansir Harper’s Bazaar.

“Ketika kamu merasa sedih, sangat normal untuk membuat perubahan pada penampilan eksternal tubuhmu dengan harapan hal tersebut akan membuatmu merasa lebih baik di dalam,” kata Laura.

Menurut Laura, memotong rambut usai putus cinta bisa mendatangkan perasaan lega. Setali tiga uang dengan Laura, Konselor Kesehatan Mental dan Hubungan Asmara asal AS, Samantha Burns juga mengutarakan hal yang sama.

Dikutip dari Independent, mengubah penampilan secara drastis, seperti memotong rambut, bisa menjadi tanda seseorang sedang berupaya untuk mengubah apa yang dia rasakan mengenai dirinya sendiri.

“Dalam kasus patah hati, kamu tengah merasakan rasa sakit secara emosional, atau menderita depresi klinis. Dan kamu ingin menghilangkan perasaan gelap ini. (Mengubah penampilan) bisa membuatmu lega, melepaskan versi lama dirimu sendiri ketika masih dalam hubungan, dan menerima tampilan baru,” jelas Samantha.

Cara untuk mengambil kendali atas hidup

Katy perri memotong rambutnya usai putus dari Orlando Bloom. (Billboard via Popmama)
Katy perri memotong rambutnya usai putus dari Orlando Bloom. (Billboard via Popmama)

Seseorang yang tengah patah hati, menurut Harper’s Bazaar, tengah kehilangan kendali atas dirinya sendiri. Jadi, sepertinya sangat masuk akal ketika melakukan sebuah kegiatan yang bikin seseorang merasa memiliki kendali. Hal yang paling simpel adalah mengubah penampilan.

“Banyak perempuan merasa rambut atau penampilan mereka adalah satu hal yang bisa mereka kontrol. Jadi, ketika mereka memutuskan untuk memotong rambut, hal tersebut biasanya bertujuan untuk mengadopsi identitas yang lebih baru. Perempuan tersebut merasakan sebuah keperluan untuk move on, dan juga keperluan untuk terlihat baru dan berbeda,” ucap Seema Hingorrany, psikolog klinis asal India, kepada reporter The Times of India.

Saat seseorang patah hati, ia merasa tengah menjalankan “misi” yang nggak lain adalah mengubah dan menciptakan versi yang lebih baik daripada dirinya di masa lalu. Memotong rambut menjadi jalan keluar paling mudah.

Sudah jelas ya mengapa banyak perempuan yang patah hati bakal melakukan perubahan tampilan seperti memotong rambut? Tapi kalau kamu ketika stres ngapain aja biar nggak terlalu sedih? (Siti Zumrokhatun/E07)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved