inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Gunung Sumbing Terbakar Sejak Jumat, Api Masih Berkobar hingga Sabtu
Minggu, 3 Sep 2023 09:18
Penulis:
Inibaru Indonesia
Inibaru Indonesia
Bagikan:
Kebakaran di Gunung Sumbing belum bisa dipadamkan. (Tempo/ Pius Erlangga)

Kebakaran di Gunung Sumbing belum bisa dipadamkan. (Tempo/ Pius Erlangga)

Hingga hari ini, Sabtu (2/9) pagi kebakaran di Gunung Sumbing belum bisa dipadamkan.

Inibaru.id - Kebakaran hutan Gunung Sumbing masih belum berhasil dipadamkan hingga hari ini, Sabtu, (2/9) pagi. Dari catatan sementara Perum Perhutani setempat, luasan hutan yang hangus mencapai 221,5 hektare di petak 29-1 wilayah Resor Pemangkuan Hutan (RPH) Kleseman.

"Hingga kini, Sabtu (2/9) pukul 09.00 WIB api yang membakar petak 29-1 sudah padam. Namun kebakaran masih ada di petak 29-2 wilayah Desa Kwadungan, Kecamatan Kalikajar. Sejauh ini upaya pemadaman masih terus dilakukan," kata Kepala Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Wonosobo, Perum Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Kedu Utara, Yuliyanto.

Awalnya titik api di petak 29-1 mulai terpantau muncul usai magrib, sekitar pukul 18.30 WIB pada Jumat (1/9). Sayangnya, penyebab kebakaran hingga saat ini belum diketahui. Langkah pertama Perum Perhutani adalah menutup jalur pendakian ke Gunung Sumbing.

Jalur pendakian Gunung Sumbing masih ditutup. (Ajipraas)
Jalur pendakian Gunung Sumbing masih ditutup. (Ajipraas)

Kepala Pelaksana Harian (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonosobo, Bambang Triyono menyebutkan, hutan yang terbakar berada pada posisi koordinat hotspot kebakaran yang dilihat dari citra satelit.

Adapun posisi koordinatnya berada di -7.3936 LS, 110.06359 BT. Sebagai informasi, wilayah tersebut masuk RPH Kleseman BKPH Wonosobo, Perum Perhutani KPH Kedu Utara.

"Semua pihak bahu membahu melakukan pemadaman kebakaran hutan. Antara lain dari para relawan, BPBD, Kodim, Polres, Masyarakat Desa Hutan, dan Perum Perhutani," katanya.

Semoga kebakaran ini lekas padam ya, Millens. (Siti Zumrokhatun/E10)

Artikel ini telah terbit di Media Indonesia dengan judul Kebakaran Hutan Gunung Sumbing Belum Berhasil Dipadamkan.

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved