BerandaHits
Selasa, 5 Sep 2023 18:54

Ganjar Pranowo Purnatugas, Seperti Apa PR Pj Gubernur Jawa Tengah Nantinya?

Penulis:

Ganjar Pranowo Purnatugas, Seperti Apa PR Pj Gubernur Jawa Tengah Nantinya?Arie Widodo
Ganjar Pranowo Purnatugas, Seperti Apa PR Pj Gubernur Jawa Tengah Nantinya?

Ganjar Pranowo purnatugas, akan digantikan Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana. (Merdeka/Syifa Hanifah)

Masa bakti Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jawa Tengah selama llima tahun sudah selesai per hari ini, Selasa (5/9/2023). Apa saja ya, sederet tugas yang menanti Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana?

Inibaru.id – Per hari ini, Presiden Joko Widodo secara resmi memberhentikan Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jawa Tengah (Jateng). Hal ini sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 73/P Tahun 2023 tentang Pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur Masa Jabatan Tahun 2018-2023. Artinya, Ganjar sudah menyelesaikan masa baktinya sebagai gubernur selama lima tahun per hari ini, Selasa (5/9/2023).

Nggak hanya Ganjar yang berstatus purnatugas, Wakil Gubernur Taj Yasin Maimoen juga. Tapi, bukan berarti Provinsi Jateng kemudian nggak dipimpin gubernur sama sekali. Per hari ini, Selasa (5/9), Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian melantik sejumlah penjabat (Pj) gubernur di sejumlah provinsi di Sasana Bhakti Praja, Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta.

Nah, dalam acara pelantikan yang dimulai pada pukul 08.30 WIB tersebut, terkuak Pj Gubernur Jawa Tengah yang menggantikan Ganjar Pranowo adalah Komjen Pol Purnawirawan Nana Sudjana, Millens.

Hm, namanya nggak khas orang Jawa Tengah ya? Yap, Nana Sudjana adalah laki-laki kelahiran Cirebon, Jawa Barat pada 26 Maret 1965. Lulusan Akademi Kepolisian pada 1988 ini diketahui bertugas sebagai Inspektur Utama Sekretarian Jenderal DPR RI sebelum dijadikan Pj Gubernur Jawa Tengah, Millens.

Sebelumnya, Nana sempat punya pengalaman bekerja di Jawa Tengah sebagai Kapolresta Solo pada 2010 lalu. Dia juga pernah menjadi Dirintelkam Polda Jateng pada 2011. Setelah itu, jabatan-jabatan mentereng di kepolisian dia emban seperti Kapolda NTB dan Kapolda Metro Jaya pada 2019, Koorsahli Kapolri pada 2020, Kapolda Sulawesi Utara pada 2021, dan Kapolda Sulawesi Selatan setahun berikutnya.

Nana Sudjana, Pj Gubernur Jawa Tengah saat masih menjabat sebagai Polda Metro Jaya. (Media Indonesia/Andri Widiyanto)
Nana Sudjana, Pj Gubernur Jawa Tengah saat masih menjabat sebagai Polda Metro Jaya. (Media Indonesia/Andri Widiyanto)

Masa tugas Nana sebagai Pj Gubernur Jawa Tengah memang nggak lama, yaitu sampai Pemilu 2024 digelar dan Gubernur Jawa Tengah baru dilantik.

Selain mengamankan daerah pada tahun pemilu yang biasanya panas, Nana juga harus mengurus sejumlah masalah yang belum bisa terselesaikan saat Ganjar menjabat selama 10 tahun seperti menurunkan kemiskinan. Apalagi, per data Badan Pusat Statistik Jateng pada Maret 2023 lalu, jumlah orang miskin di Jawa Tengah mencapai 3,78 juta penduduk atau 10,77 persen dari total populasi.

Masalah lingkungan juga harus segera digarap oleh Nana. Banjir rob di Pantura, pembangunan bendungan di Purworejo, hingga masalah infrastruktur dan persiapan menghadapi bencana alam juga harus dia perhatikan.

Yap, banyak tugas yang harus diurus Pj Gubernur Jawa Tengah pengganti Ganjar Pranowo nantinya. Apapun itu, kita ucapkan terima kasih kepada Ganjar atas kepemimpinannya selama ini dan selamat bertugas kepada Nana Sudjana. Setuju, Millens? (Arie Widodo/E05)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved