Demi Dapatkan Vaksin, Banyak Crazy Rich Indonesia Datang ke Negeri Paman Sam

Demi Dapatkan Vaksin, Banyak Crazy Rich Indonesia Datang ke Negeri Paman Sam
Banyak Crazy Rich Indonesia pergi ke Amerika Serikat untuk divaksin Covid-19. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Banyak Crazy Rich Indonesia yang berbondong-bondong ke Amerika Serikat. Selain jalan-jalan, mereka juga ingin segera divaksin Covid-19 di sana. Kok sampai jauh-jauh ke sana, ya, ada apa?

Inibaru.id – Sejumah orang kaya alias Crazy Rich Indonesia belakangan ramai-ramai datang ke Amerika Serikat dan menghabiskan uang puluhan juta. Tujuannya? Demi segera mendapatkan vaksinasi Covid-19 di sana. Mengapa harus ke Amerika Serikat?

Salah seorang crazy rich yang melakukannya adalah Suli Asifatami Razak. Alasannya ke Amerika Serikat mungkin hanya plesir. Tapi, karena di sana pula, dia sudah mendapatkan dua dosis vaksin Pfizer.

“Anak saya kuliah di sini. Kami memang sudah berencana mengunjungi mereka dan di AS juga ada vaksin gratis. Jadi saya pikir, kenapa nggak sekalian saja,” terangnya.

Sementara itu, Muhammad Risqy Putra mengaku sudah memesan tiket pesawat ke Negeri Paman Sam. Tujuannya benar-benar hanya untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19. Dia melakukannya karena nggak masuk golongan prioritas untuk mendapatkan vaksinasi di Indonesia.

“Kebetulan saya belum mendapatkan vaksin di sini,” terang Risqy ke Reuters pada Senin (21/6/2021).

Ada Paket Tur Vaksinasi di Amerika Serikat

Jadi gini, Millens, ternyata banyak orang kaya dari Indonesia yang sengaja menggunakan paket tur ke Amerika Serikat dan mendapatkan keuntungan berupa vaksinasi Covid-19. Sebutan untuk paket tur ini adalah AirV&V.

Vaksin Covid-19 di Amerika Serikat lebih mudah didapatkan. (Flickr/Jernej Furman)
Vaksin Covid-19 di Amerika Serikat lebih mudah didapatkan. (Flickr/Jernej Furman)

Kalau menurut Suli Razak, dia bukannya nggak mau vaksinasi di Indonesia. Hanya, dengan mendapatkannya dengan lebih cepat, meskipun di negara lain, tentu bakal memberikan perlindungan lebih baik bagi dirinya dan keluarganya dari Covid-19. Apalagi, fasilitas kesehatan di Indonesia benar-benar tertekan akibat varian delta yang sudah sangat parah.

Di Indonesia, jenis vaksin yang digunakan juga adalah Sinovac yang berasal dari Tiongkok. Meski bisa memberikan perlindungan, ada sejumlah orang yang mengaku lebih sreg dengan memakai vaksin jenis lainnya.

“Pilihan saya Pfizer, tapi kita tidak tahu kapan bisa dapat vaksin ini di Indonesia,” ujar Suli.

Vaksinasi Bisa Dilakukan di Berbagai Tempat

Di Amerika Serikat, Suli menyebut ada sejumlah vaksin yang bisa dipilih seperti Pfizer, Moderna, dan Johnson & Johnson. Di sana, bahkan nggak perlu melakukan booking, pendaftaran, atau sampai berkerumun sebagaimana di Indonesia. Cukup datang ke supermarket atau retail layaknya Walmart dan Walgreens, sudah bisa mendapatkan vaksin gratis.

Suli tinggal di Amerika Serikat selama sekitar tiga bulan. Di sana, dia menghabiskan uang sebanyak 20 ribu Dollar AS atau sekitar Rp 300 juta. Sebenarnya, dia akan pulang ke Tanah Air. Namun, dia juga khawatir dengan kondisi Covid-19 yang semakin parah di Indonesia.

FYI, Millens, Amerika Serikat memang punya jatah memvaksinasi para turis yang datang kesana. Banyak agen tur perjalanan yang menawarkan paket jalan-jalan di sana sekaligus mendapatkan vaksin, tentu saja bagi mereka yang berduit.

Nah, tertarik untuk datang ke Amerika Serikat juga untuk mendapatkan vaksin gratis dan lebih cepat, Millens? (Det, Abc, Reu/IB09/E05)