Datar atau Bulat? Fakta-fakta Bumi Ini Pasti Nggak Pernah Diajarkan di Sekolah

Datar atau Bulat? Fakta-fakta Bumi Ini Pasti Nggak Pernah Diajarkan di Sekolah
Fakta-fakta bumi yang nggak pernah diajarkan di sekolah, nggak soal bumi datar atau bumi bulat. (Flickr/NASA Goddard Space Flight Center)

Perdebatan kaum bumi datar dan bumi bulat masih sengit terjadi. Nah, ada juga lo fakta-fakta bumi lain yang sebenarnya nggak pernah diajarkan di sekolah. Jadi penasaran ya apa saja fakta-faktanya?

Inibaru.id – Dalam beberapa tahun terakhir, fakta-fakta bumi jadi perdebatan dua kubu, yakni mereka yang mempercayai teori bumi datar dan teori bumi bulat. Nah, kita nggak bakal jauh membahas soal dua kubu yang bertarung sengit ini, melainkan membahas sejumlah fakta tentang bumi yang nggak diajarkan di sekolah. Apa saja, ya?

Pengecualian bagi mereka yang suka dengan geografi atau ilmu bumi, biasanya nggak begitu banyak tahu soal fakta-fakta tentang planet tempat kita tinggal ini. Padahal, kalau mau dikulik lebih banyak, ada cukup banyak yang menarik, lo.

Nah, biar kita semakin sayang dengan alam dan segera bertindak mengatasi pemanasan global, sebaiknya cek dulu deh fakta-fakta bumi yang nggak pernah diajarkan di sekolah berikut ini, Millens.

1. Sebagian Besar Bumi Memang Dipenuhi Air, Tapi Ada Fakta Lainnya

Meski dikuasai air, kebanyakan air di bumi nggak bisa dikonsumsi. (Flickr/

Megan Coughlin)
Meski dikuasai air, kebanyakan air di bumi nggak bisa dikonsumsi. (Flickr/ Megan Coughlin)

Kalau kamu mengecek peta atau globe bumi, pasti terlihat jelas kalau jumlah lautan jauh lebih banyak dari lautan. Ditambah dengan banyaknya danau dan sungai di daratan, tentu wajar kalau para ahli menyebut sebagian besar bumi dipenuhi oleh air. Hanya, sebenarnya ada fakta lebih jauh terkait dengan keberadaan air ini, Millens.

Meski jumlahnya banyak, sebagian besar air di bumi nggak bisa kita konsumsi. Lha wong air laut asin itu kan malah bikin haus, buat apa dikonsumsi juga, kan?

Nah, air laut yang asin ini jumlahnya sekitar 97 persen dari total jumlah air di dunia. Air tawar yang bisa kita konsumsi itu hanya 3 persen doang, lo. Dari total jumlah air tawar di dunia, 70 persennya masih beku di gletser-gletser dan 20 persennya ada di Danau Baikal. Sisa 10 persen itulah yang bisa kita konsumsi.

Jadi, jaga kondisi sungai dan mata air ya. Jangan sampai kering atau kotor agar tetap bisa diminum hingga ke anak cucu kita nanti Millens.

2. Sebagian Besar Bumi Itu Masih Gelap Total!

Sebagian besar lautan di bumi itu menyeramkan karena benar-benar gelap, lo, <i>Millens</i>. (Flickr/

Paolo Gamba)
Sebagian besar lautan di bumi itu menyeramkan karena benar-benar gelap, lo, Millens. (Flickr/ Paolo Gamba)

Karena sebagian besar bumi terdiri atas lautan, maka di lautan yang super dalam itu pasti nggak bisa ditembus sinar matahari alias gelap total! Tahu nggak, sinar matahari hanya menyinari air laut sampai kedalaman 200 meter saja.

Jadi, kebayang kan kalau kita menyelam lebih dalam dari itu? Pasti serem ya karena nggak bisa melihat apa-apa?

3. Gunung Tertinggi di Dunia Bukan Gunung Everest

Gunung tertinggi di dunia bukan Gunung Everest, tapi Mauna Kea. (Flickr/

CucombreLibre)
Gunung tertinggi di dunia bukan Gunung Everest, tapi Mauna Kea. (Flickr/ CucombreLibre)

Di pelajaran sekolah, Gunung Everest di Himalaya pasti disebut jadi gunung tertinggi di dunia. Padahal, hal ini nggak sepenuhnya benar, lo.

Kalau dihitung dari permukaan laut, pernyataan ini benar sih karena nggak ada lagi yang lebih tinggi dari Puncak Everest yang mencapai 8.848 mdpl. Tapi kalau menghitungnya dari dasar laut alias keseluruhan, Gunung Mauna Kea yang ada di Hawaii jauh lebih tinggi, yakni 10.203 meter! Tapi, kalau dari atas permukaan laut, tingginya memang hanya 4.207 meter, Millens.

Usai membaca fakta-fakta bumi yang nggak diajarkan di sekolah ini, kamu tim bumi datar atau bumi bulat, Millens? Haha (Buz/IB09/E05)