inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Benarkah Sepeda Motor Injeksi Nggak perlu Dipanaskan Sebelum Dipakai?
Minggu, 7 Jul 2024 09:52
Penulis:
Bagikan:
Memanaskan mesin sepeda motor injeksi. (Hondacommunity)

Memanaskan mesin sepeda motor injeksi. (Hondacommunity)

Kabarnya, kamu nggak perlu lagi memanaskan mesin sepeda motor injeksi meski sudah lama nggak dipakai? Apakah hal ini memang benar? Yuk simak fakta-faktanya.

Inibaru.id – Yang namanya kendaraan bermotor, sebelum dipakai sebaiknya dipanaskan dulu mesinnya. Tapi, belakangan ini ada kabar kalau sepeda motor injeksi nggak perlu dipanaskan sebelum dipakai. Apakah memang benar?

Alasan utama mengapa kendaraan bermotor dipanaskan dulu mesinnya sebelum dipakai adalah agar oli-oli bisa melumasi semua komponen yang ada di dalam mesin. Tapi, di dalam sepeda motor injeksi, kabarnya hal ini nggak diperlukan lagi. Oleh karena itulah, banyak yang begitu menyalakan mesin, langsung tancap gas begitu saja meski sepeda motornya nggak dipakai semalaman atau beberapa hari.

Meski terlihat masuk akal karena sepeda motor injeksi memakai teknologi mesin yang jauh lebih modern dari mesin sepeda motor beberapa tahun lalu, pakar kendaraan ternyata nggak merekomendasikan sepeda motor untuk langsung digas begitu saja setelah dinyalakan. Meski nggak perlu lama-lama seperti orang zaman dahulu yang bisa memanaskan sepeda motor sampai 10-15 menit, tetap saja kamu perlu melakukannya.

“Kalau sepeda motornya nggak dipakai selama beberapa hari misalnya, oli mesin bisa jadi lebih dingin. Dikhawatirkan kalau langsung dipakai, nggak benar-benar bisa melumasi komponen mesin dengan baik dan akhirnya bikin komponen-komponen mesin bergesekan. Hal ini bisa bikin mesin bermasalah ke depannya. Jadi, meski nggak lama, sebaiknya sepeda motor injeksi tetap dipanaskan dulu sebelum dipakai berkendara,” ujar pakar kendaraan dari Wahana Makmur Sejati bernama Wahyu Budhi sebagaimana dilansir dari Detik, Rabu (19/6/2024).

Saat memanaskan mesin, nggak perlu menggeber gas. (Bonepos)
Saat memanaskan mesin, nggak perlu menggeber gas. (Bonepos)

Lantas, seberapa lama waktu ideal untuk memanaskan mesin sepeda motor injeksi? Wahyu menyarankan sekitar satu atau lima menit saja. Dia juga menyarankanmu untuk membiarkan mesin menyala saja tanpa perlu menggeber-geber gas.

“Sudah nggak perlu itu menggeber gas pas memanaskan mesin kendaraan, bikin boros bensin saja,” lanjutnya.

Pakar mesin dari Astra Motor Rangga Noviar juga mengungkap persetujuannya atas saran Wahyu. Dia menyarankan sepeda motor injeksi cukup dipanaskan mesinnya satu menit saja tanpa perlu dimainkan gasnya.

“Setelah satu menit, oli mesin, sistem bahan bakar, dan bagian sepeda motor lain sudah siap untuk dipakai,” jelasnya.

Yang pasti, saat kamu memanaskan mesin kendaraan, jangan lakukan di dalam rumah, ya? Soalnya bikin polusi udara di dalam rumah. Padahal, gas buang kendaraan sangat tidak sehat jika sampai dihirup oleh tubuh. Lakukan di halaman rumah saja. Setuju, Millens? (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved