Ayam Tetap Bertelur Meski Tidak Kawin dengan Ayam Jantan, Kok Bisa?

Ayam Tetap Bertelur Meski Tidak Kawin dengan Ayam Jantan, Kok Bisa?
Ayam betina bisa menghasilkan telur tanpa ayam jantan. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Ayam betina bisa bertelur tanpa harus dibuahi ayam jantan. Hal ini mungkin karena di dalam ayam betina terdapat sel telur yang dapat menghasilkan telur setelah 24-72 jam. Tapi, telur yang nggak dibuahi ini nggak bisa menetas.

Inibaru.id – Kamu pernah heran nggak di peternakan banyak ayam betina yang bertelur tanpa pejantan? Ayam-ayam betina itu ditempatkan dalam satu kandang dan nggak pernah dikeluarkan. Tapi kenapa bisa memproduksi telur?

Jadi begini, sebenarnya ayam betina bisa tetap bertelur tanpa pembuahan dari ayam jantan. Jenis telur yang dihasilkan ada dua macam yaitu telur tanpa pembuahan dan telur dengan pembuahan. Kedua telur ini sama-sama bisa dimakan. Tapi, telur tanpa pembuahan ayam jantan nggak bisa menetas.

Telur Nggak Bisa Menetas

Dalam tubuh ayam betina, ada sel telur yang bisa berubah menjadi telur setelah 24-27 jam. Setelah itu, telur tersebut akan dikeluarkan oleh ayam betina. Nah telur inilah yang nggak bisa menetas menjadi anak ayam.

Sebabnya ya karena nggak dibuahi. Lain ceritanya jika ayam betina dikawini ayam jantan sehingga dapat membuahi sel telur di dalam tubuh si betina. Jika telur yang dibuahi ini dierami, maka ia akan jadi anak ayam. Tapi jika nggak, telur ini sama saja dengan telur yang nggak dibuahi.

Jadi, telur yang biasanya kamu konsumsi mungkin saja telur yang nggak dibuahi atau pun telur yang dibuahi namun nggak dierami.

Makanan Terbaik Setelah Susu

Telur memiliki kandungan protein nabati terbaik setelah susu. (Freepik) 
Telur memiliki kandungan protein nabati terbaik setelah susu. (Freepik) 

Telur merupakan sumber protein hewani yang lebih murah dibanding daging. Bukan cuma murah, ternyata telur juga sumber protein terbaik lo. Kolin merupakan zat yang bisa ditemukan dalam telur. Zat ini sangat baik untuk otak. Jadi, kolin berfungsi untuk membangun membran sel dan membantu memproduksi molekul sel di dalam otak, Millens.

Telur bisa menjadi alternatif buat kamu yang nggak doyan susu. Jika dibandingkan, minum susu sebanyak 100 cc dengan telur ayam 100 gram, nilai gizinya lebih banyak telur ayam. Selain itu, harga 100 gram telur ayam juga relatif lebih murah dibandingkan 100 cc susu.

Di dalam susu, protein yang terkandung sekitar 3 persen, sementara pada telur bisa mencapai 12 persen. Lebih lanjut, telur ayam juga mengandung lutein dan zeaxanthin, antioksidan yang baik untuk kesehatan mata.

Bagi orang yang lanjut usia, biasanya terjadi penurunan daya penglihatan. Nah antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin bisa mempertahankan kesehatan retina mata. Selain itu antioksidan tersebut bisa mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula.

Jadi, buat kamu yang berkantong cekak tapi pengin tetap memenuhi kebutuhan protein, yuk konsumsi telur ayam. (Beb/IB21/E07)