inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Arkeolog: Usia Permainan Sepak Bola Sekitar 2.400 Tahun
Senin, 28 Nov 2022 09:00
Penulis:
Siti Khatijah
Siti Khatijah
Bagikan:
Relief ini merupakan gambaran paling primitif mengenai olahraga sepak bola yang berusia setidaknya 2.400 tahun. (Public Domain/Greekreporter)

Relief ini merupakan gambaran paling primitif mengenai olahraga sepak bola yang berusia setidaknya 2.400 tahun. (Public Domain/Greekreporter)

Berapa usia olahraga sepak bola? Kalau menurut arkeolog, permainan itu sudah ada sekitar 2.400 tahun lalu.

Inibaru.id - Konon, perkembangan sepak bola kali pertama dimulai pada abad ke-19 di tanah Britania Raya, yaitu Inggris. Pada saat itu, sepak bola telah berkembang dan menjadi salah satu cabang olahraga yang paling banyak dimainkan oleh masyarakat dari berbagai penjuru dunia.

Ada pula yang berpendapat sebelum sepak bola itu berkembang pesat, permainan itu sebenarnya berasal dari Tiongkok. Versi lain menyatakan bahwa sepak bola berasal dari Romawi.

Tapi, tahukah kamu, sebelum itu semua, permainan sepak bola sudah tergambar pada sebuah relief yang dipamerkan di Museum Arkeologi Nasional di Athena, Yunani.

Relief itu menggambarkan seorang pemuda sedang berlatih sepak bola dengan gerakan menahan sebuah bola di bagian pahanya. Tepat di hadapannya, berdiri seorang anak yang mengamati kemampuan pemuda itu.

Menurut para arkeolog, penggambaran sosok yang bermain bola itu sudah ada sejak kuartal ketiga abad ke-4 SM (400-375 SM). Relief itu merupakan gambaran paling primitif mengenai olahraga sepak bola yang berusia setidaknya 2.400 tahun dan sangat mungkin mengungkap asal mula sepak bola berasal dari Yunani kuno.

Episkyros

Dikutip dari Greekreporter, Senin (21/11/2022), permainan sepak bola pada zaman Yunani kuno disebut Episkyros. Permainan ini serupa dengan permainan sepak bola modern yang dimainkan antara dua tim yang biasanya terdiri terdiri dari 12 sampai 14 pemain dengan satu bola.

Jika permainan bola saat ini dilarang menggunakan tangan, berbeda dengan permainan Episkyros kala itu yang memperbolehkan penggunaan tangan. Tujuannya adalah untuk melempar bola melewati kepala tim lawan.

Permainan sepak bola Yunani Kuno ini pernah dimainkan pada festival peringatan ulang tahun Kota Sparta. Ada 5 tim berpartisipasi yang masing-masing terdiri atas 14 pemain. Dalam permainan, bola akan sering berpindah sisi sampai satu tim dipaksa berada di belakang garis di ujungnya.

Waktu berjalan dan kepemimpinan di Yunani Kuno terus berganti, Kemudian, bangsa Romawi mengambil alih Episkyros dan mengganti nama serta mengubahnya menjadi harpastum. Nama itu diambil dari sebuah nama latinisasi dari bahasa Yunani harpaston yang berarti 'merebut' (bola).

Sayangnya, Episkyros, sepak bola Yunani Kuno, terus tergerus zaman dan hilang selama berabad-abad. Penyebabnya adalah pergantian kekuasaan di Eropa dan adanya perubahan hidup masyarakat.

Nah, dari relief itu terbukti bahwa sepak bola adalah olahraga yang sudah dicintai oleh orang-orang pada zaman dahulu ya, Millens? Kalau sekarang, jumlah pencinta sepak bola semakin banyak lagi. (Siti Khatijah/E05)

Artikel ini telah terbit di Media Indonesia dengan judul Permainan Sepak Bola Ternyata Sudah Ada di Yunani sejak Abad ke-4 SM.

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved