inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Aplikasi Gaji Karyawan: Solusi Melakukan Proses Transfer Gaji Jadi Lebih Mudah
Senin, 29 Agu 2022 18:23
Penulis:
Inibaru Indonesia
Inibaru Indonesia
Bagikan:
Ilustrasi: Pembayaran gaji karyawan bisa menggunakan aplikasi online. (Pixabay/Firmbee) 

Ilustrasi: Pembayaran gaji karyawan bisa menggunakan aplikasi online. (Pixabay/Firmbee)

Pembayaran gaji karyawan merupakan sebuah pencatatan data mengenai gaji atau upah karyawan. Sistem pencatatan ini sangat penting bagi perusahaan karena dengan adanya pencatatan jurnal pembayaran gaji karyawan ini akan memudahkan HRD dalam membuat formulir pajak perusahaan.

Inibaru.id - Pembayaran gaji karyawan merupakan proses payroll atau pencatatan dari sebuah data mengenai gaji atau upah, kompensasi, tanggungan, dan lain sebagainya. Sistem pembayaran gaji karyawan ini sangat berguna serta bermanfaat untuk mengetahui bagaimana detail mengenai data gaji karyawan.

Selain itu, dengan adanya pembayaran gaji karyawan ini akan membuat HRD bisa lebih menghemat waktu dan memudahkan perusahaan dalam membuat formulir pajak. Oleh karena itu, pembayaran gaji karyawan sangat diperlukan oleh perusahaan.

Menggunakan Aplikasi Untuk Pembayaran Gaji Karyawan

Aplikasi gaji karyawan ini merupakan sebuah perangkat lunak atau software yang memang secara khusus dirancang dengan sedemikian rupa yang memiliki fungsi untuk membayar gaji setiap karyawan. Sebelum sistem gaji karyawan dilakukan secara online, dulu setiap perusahaan menggunakan sistem manual untuk memberi gaji karyawan.

Caranya yaitu menggunakan rumus excel untuk menghitung gaji dan hingga saat ini pun masih ada beberapa perusahaan yang bertahan menggunakan sistem atau cara manual dengan menggunakan excel tersebut.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan cara tersebut, baik ketika perusahaan menggunakan sistem pembayaran gaji menggunakan aplikasi maupun cara manual dengan menggunakan rumus excel. Akan tetapi, menggunakan sistem manual dengan rumus excel ini tentu sangat tidak efisien khususnya dari segi waktu karena seperti yang kamu ketahui karyawan pada sebuah perusahaan pasti memiliki jumlah yang besar.

Selain itu, ketika menggunakan rumus excel untuk melakukan pembayaran gaji sebagai pembayaran gaji karyawan ini, berapa banyak rumus excel yang harus kamu gunakan? Karena seperti yang kamu ketahui, jurnal pembayaran gaji karyawan ini memiliki banyak sekali komponen yang harus dihitung.

Bagi kamu yang belum mengetahui isi dari pembayaran gaji karyawan ini, pembayaran gaji karyawan terdiri atas komponen gaji karyawan sesuai dengan jabatan, posisi karyawan, pajak yang harus dibayarkan, jumlah dari tanggungan, nomor rekening karyawan, dan lain sebagainya.

Selain itu, setiap data yang sudah terisi di pembayaran gaji karyawan ini harus kamu pastikan terisi dengan tepat dan sesuai. Maka, menggunakan rumus excel untuk melakukan pembayaran gaji setiap karyawan dan membuat data pembayaran gaji karyawan sangatlah tidak efisien.

Ketika membuat pembayaran gaji karyawan, tidak boleh terdapat sebuah kesalahan ketika masukan data data yang sudah dibuat di excel, karena sebuah kesalahan atau sedikit saja kesalahan dalam penulisan pasti akan berakibat sangat fatal.

Selain itu, menggunakan sistem manual pembayaran gaji karyawan membuat perusahaan tidak bisa secara otomatis mengirimkan gaji ke rekening karyawan yang sudah selesai dihitung. Hal ini sangat berbeda ketika kamu menggunakan aplikasi gaji karyawan berbasis online yang tentunya akan lebih memudahkan kamu dalam mengirim gaji setiap karyawan.

Proses Penggajian Pembayaran Gaji Karyawan dalam Perusahaan

Sebelum memahami lebih lanjut terkait dengan mengetahui bagaimana cara kerja dari aplikasi pembayaran gaji pegawai perusahaan, akan jauh lebih baik jika kamu memahami terlebih dahulu kira-kira bagaimana proses penggajian karyawan yang tepat sehingga bisa dibuat di data dalam jurnal pembayaran gaji terhadap karyawan.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya bahwa pembayaran gaji karyawan ini tidak boleh memiliki kesalahan sekecil apa pun, karena kesalahan kecil pada jurnal pembayaran gaji terhadap karyawan dapat berakibat fatal khususnya saat kamu sedang mendata pembayaran gaji karyawan mengenai nominal gaji.

Selain itu, untuk sistem dari jurnal pembayaran gaji terhadap karyawan ini memiliki konsep atau cara yang berbeda pada setiap perusahaan dalam melakukan proses penggajian.

Namun, disini kami akan menjelaskan proses dari sistem jurnal pembayaran gaji terhadap karyawan yang biasanya lebih umum digunakan oleh perusahaan dalam memberi gaji karyawan mereka. Berikut sistem pembayaran gaji karyawan pada umumnya, yaitu:

1. Menghitung Reimbursement

Karena pekerjaan tidak jarang hal tersebut harus membuat seorang pegawai menggunakan uang pribadi mereka terlebih dahulu untuk beberapa keperluan kantor. Sebagai contoh, seorang pegawai pasti akan diminta oleh perusahaan untuk melakukan dinas dan biasanya terkait dengan biaya penginapan saat melakukan perjalanan dinas, biaya jamuan makan untuk partner perusahaan, dan lain sebagainya akan masuk ke dalam proses dari reimbursement.

Dalam hal ini, karyawan akan diminta untuk menalangi lebih dulu biaya-biaya tersebut. Akan tetapi, karyawan tidak perlu khawatir karena biaya-biaya yang sudah kamu talangi menggunakan uang pribadi milik kamu sendiri ini secara otomatis akan masuk ke pembayaran gaji karyawan reimbursement yang mana biaya tersebut nantinya akan diganti oleh perusahaan tempat kamu bekerja sesuai dengan berapa total biaya yang sudah kamu keluarkan.

Pembayaran gaji karyawan akan mencatat total biaya reimbursement tersebut dan proses penggantian dana akan diproses dalam aplikasi penggajian. Akan tetapi, ketika ingin mendapat reimbursement gaji dari perusahaan, hal yang perlu kamu perhatikan adalah jangan lupa untuk menyimpan bukti-bukti pembayaran dan serahkan bukti tersebut.

Sesuai dengan bukti pembayaran, reimbursement akan dicatat dalam jurnal pembayaran gaji terhadap karyawan.

2. Menghitung Jam Kehadiran

Pada dasarnya, seorang karyawan yang selalu datang sesuai dengan jam ketentuan hadir akan dicatat dalam pembayaran gaji karyawan dan akan menerima gaji yang sesuai. Tidak hanya itu, beberapa perusahaan biasanya juga akan memberi dan menetapkan sebuah tunjangan menurut pembayaran gaji karyawan terkait dengan daftar kehadiran yang akan didasarkan pada posisi serta jabatan karyawan tersebut.

Setiap data dari jam kehadiran karyawan akan tercatat dan tersimpan pada pembayaran gaji karyawan untuk bagian absensi. Nantinya data data tersebut akan di akumulasi ke dalam payroll karyawan perusahaan.

3. Proses Payroll Karyawan Perusahaan

Tidak hanya data dari jam kehadiran yang akan masuk, tercatat, dan tersimpan di pembayaran gaji karyawan. Bahkan, reimbursement yang tercatat di jurnal pembayaran gaji terhadap karyawan juga akan di akumulasikan ke dalam payroll karyawan perusahaan.

Akan tetapi, sebelum melakukan proses dari melakukan payroll ini harus dilakukan terlebih dahulu pemilihan terhadap komponen gaji karyawan seperti lembur yang sudah dilakukan, pajak, dan lain sebagainya.

Setelah pembagian pembayaran gaji karyawan ini selesai dilakukan, hal berikutnya adalah staff HRD perusahaan akan mengakumulasinya, lalu mengirimkan gaji yang sudah dihitung tersebut untuk diproses ke nomor rekening karyawan yang bersangkutan.

Ketika perusahaan menggunakan sistem pembayaran gaji karyawan dengan sebuah aplikasi berbasis online, tahapan pembayaran gaji karyawan akan dilakukan dengan sangat mudah karena dengan menggunakan aplikasi ini HRD perusahaan hanya perlu melakukan beberapa klik tombol pilihan.

Nantinya, sistem aplikasi pembayaran gaji ini akan langsung melakukan transfer secara otomatis ke rekening karyawan saat itu juga sehingga akan membuat karyawan bisa mendapat gaji mereka saat itu juga dengan proses yang cepat.

Cara Untuk Mendapatkan Aplikasi Gaji Karyawan Terbaik

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa proses tahapan dari pembayaran gaji karyawan ini akan lebih mudah jika perusahaan melakukannya dengan menggunakan aplikasi berbasis online karena tahapan jurnal pembayaran gaji terhadap karyawan ini akan secara otomatis diproses dan pembayaran gaji setiap karyawan akan di transfer secara otomatis ke rekening.

Tentu saja jurnal pembayaran gaji terhadap karyawan dengan menggunakan aplikasi akan jauh lebih efisien terkait dengan waktu. Akan tetapi, perusahaan tentu harus bisa lebih selektif dalam memilih kira-kira aplikasi pembayaran gaji seperti apa yang harus digunakan.

Pastinya perusahaan harus memilih aplikasi pembayaran gaji yang tepat serta sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan. Karena saat ini sudah berkembang banyak sekali aplikasi pembayaran gaji berbasis online yang bisa kamu temukan, berikut ini cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapat aplikasi pembayaran gaji terbaik, antara lain:

1. Apakah Sistem Aplikasi yang Digunakan Berbasis Online

Seperti yang kamu tahu bahwa sistem aplikasi berbasis online ini akan lebih mudah digunakan jika dibandingkan perusahaan menggunakan sistem manual karena dengan bantuan aplikasi gaji karyawan berbasis online ini kamu bisa mengakses informasi data kapan saja dan di mana saja selama perangkat memiliki koneksi internet.

Hal ini sangat berbeda ketika HRD perusahaan menggunakan sistem pembagian gaji karyawan secara manual di mana HRD perusahaan harus ke kantor ketika sewaktu-waktu ingin mengakses data maupun informasi gaji karyawan. Tentunya, hal ini sangat tidak efisien dan membuang banyak waktu.

2. Mengikuti Perubahan Regulasi Tenaga Kerja

Dengan adanya perubahan regulasi tenaga kerja ini akan sangat mempengaruhi komponen dari perhitungan serta pembayaran gaji karyawan. Oleh karena itu, sistem dari aplikasi pembayaran gaji ini sebaiknya harus bisa beradaptasi dan dilakukan perbaruan agar bisa sesuai dengan adanya regulasi tenaga kerja perusahaan yang baru.

3. Terintegrasi

Aplikasi pembayaran gaji ini tentu harus memiliki sistem yang saling terintegrasi. Hal ini agar aplikasi dapat melakukan perhitungan terhadap seluruh komponen gaji karyawan perusahaan secara otomatis dan akurat.

Misalnya, salah satu yang menjadi komponen gaji perusahaan adalah melihat daftar hadir karyawan. Nantinya, aplikasi pembayaran gaji ini akan mengintegrasikan data mengenai daftar hadir karyawan ke dalam sistem sehingga HRD sudah tidak perlu lagi repot-repot untuk menginput data tersebut secara manual.

Selain itu, sistem aplikasi pembayaran gaji secara otomatis ini juga akan membuat total jumlah gaji bersih milik karyawan menjadi lebih valid dan akurat.

Aplikasi Pembagian Gaji Karyawan Terbaik untuk Perusahaan

Salah satu aplikasi gaji karyawan terbaik untuk perusahaan adalah Talenta dari Mekari. Hal ini karena vendor Talenta dari Mekari ini sangat tepercaya dan telah memiliki banyak sekali pengalaman dengan berbagai macam klien dari perusahaan yang berbeda beda.

Selain aplikasi pembagian gaji berbasis online ini dalam mempermudah HRD perusahaan dalam melakukan penggajian karyawan, aplikasi pembagian gaji Talenta dari Mekari ini juga berhasil menjadi software payroll terbaik di Indonesia.

Aplikasi pembagian gaji Talenta dari Mekari ini bisa menjadi software payroll terbaik yang ada di Indonesia karena secara otomatis akan membantu perusahaan untuk membuat laporan payroll gaji secara otomatis sekaligus mencetak form dari slip gaji jika slip tersebut dibutuhkan.

Hal tersebut akan membuat HRD perusahaan tidak perlu lagi memindahkan data dan mengolahkan kembali pada perangkat lunak yang berbeda. Aplikasi pembagian gaji Talenta dari Mekari ini menggunakan server cloud sehingga seluruh komponen gaji gaji karyawan akan tesimpan dengan aman.

Selain itu, menggunakan teknologi berbasis cloud ini akan meminimalisasi kejadian dari penyalahgunaan serta manipulasi data yang bisa dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Selain itu, menggunakan sistem cloud ini membuat seluruh data karyawan yang sudah masuk akan secara otomatis tersimpan dan mengalami pembaharuan atau update. Oleh karena itu, menggunakan sistem berbasis cloud ini akan membuat tampilan data karyawan menjadi real time dan up to date. (Adv/IB04/E03)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved