5 Jenis Pose Yoga Ini Bikin Tidurmu Berkualitas

5 Jenis Pose Yoga Ini Bikin Tidurmu Berkualitas
Beberapa pose yoga dapat membantu tidur lebih berkualitas. (Freepik via Tempo)

Susah tidur memang bikin jengkel. Selain jadi tukang kantuk di siang hari, seabrek pekerjaan juga terbengkalai. Tapi jangan khawatir, kamu bisa kok memperbaiki kualitas tidurmu dengan 5 pose yoga ini.

Inibaru.id – Mempunyai kualitas dan kuantitas tidur yang baik dapat membantu menjaga kesehatan dan imunitas tubuh. Nah, berlatih yoga bisa jadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membantu seseorang yang memiliki gangguan tidur (insomnia). Jika kamu mengalami masalah tidur ini, melakukan latihan yoga di malam hari bisa menjadi solusi agar bisa lebih cepat terlelap.

5 jenis pose yoga ini bakal memberikan manfaat dalam meningkatkan kualitas tidur lo. Pose apa saja sih? Cekidot!

5 Pose Yoga yang Bikin Tidur Berkualitas

1. Child's Pose

Child's pose. (Desigyms)
Child's pose. (Desigyms)

Kamu bisa mencoba berlatih yoga dengan child’s pose ini. Kelebihannya bisa melemaskan otot-otot tubuh dan meningkatkan fokus dan memori kerja. Child’s pose ini merupakan gaya dasar santai yang bisa membantu mengurangi stres dan kelelahan.

Nah, biar kualitas tidurmu lebih baik, rilekskan bagian dada dan biarkan masuk ke dalam paha, tahan posisi ini  hingga 5 menit.

2. Hero pose

Hero pose. (Yoga Journal)
Hero pose. (Yoga Journal)

Melakukan Yoga dengan hero pose bisa membantu tubuh lebih rileks. Pose ini dapat membuat pikiran lebih jernih. Kondisi ini akan membuatmuu istirahat lebih baik saat tidur. bisa dibilang posisi hero pose atau Virasana ini merupakan salah satu gerakan terbaik untuk membantu seseorang menjadi rileks.

Kalau mau tidur lebih berkualitas, luangkan beberapa menit untuk melakukan pose ini sebelum tidur.

3. Camel pose

Camel pose. (Liforme)
Camel pose. (Liforme)

Camel pose merupakan salah satu cara yang bisa kamu praktikkan sebelum tidur. kamu bisa menambah kelenturan dan kekuatan tubuh dengan melakukan camel pose atau Ustrasana ini selama 10 menit.

Sebagai informasi, camel pose merupakan posisi penuh energi dan membantu kamu memperoleh kelenturan tulang belakang. Cukup dengan berlutut di atas matras dan mempraktikkan camel pose dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan tentunya membuat tidur lebih berkualitas.

4. Corpse pose

Corpse pose. (Yogabodyandbalance)
Corpse pose. (Yogabodyandbalance)

Corpse pose atau Savasana juga dapat membantu memusatkan pikiran dan melepaskan stres harian. Savasana bahkan diklaim menjadi pose yoga yang paling baik. Pose ini merupakan pose pamungkas yang sempurna. Cukup dengan melakukan pose ini selama 15-20 menit, kamu akan memperoleh tidur malam yang lebih nyenyak.

5. Seated spinal twist pose

Seated spinal twist pose. (Verywellfit)
Seated spinal twist pose. (Verywellfit)

Buat kamu yang sering terjaga di malam hari karena masalah perut, seated spinal twist pose bisa kamu lakukan. Perut yang bengkak dan retensi gas bisa diredakan dengan latihan ini. Bukan cuma itu, sirkulasi di area leher dan punggung juga akan lebih meningkat sehingga ketegangan akan reda.

Pose ini dapat meningkatkan pencernaan dan mendorong mobilitas tulang belakang. Nyeri punggung bawah juga bisa diredakan. Jadi, jangan ragu untuk melakakan gerakan ini menjelang tidur ya,

Nah, itu dia 5 pose yoga yang dapat meningkatkan kualitas tidurmu. Kuy, cobain, Millens. (Pop/IB21/E07)