inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
5 Benda yang Haram Dibuang di Wastafel
Minggu, 9 Jun 2024 18:00
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Jangan membuang minyak ke wastafel. (Kompas/Shutterstock)

Jangan membuang minyak ke wastafel. (Kompas/Shutterstock)

Meski bisa jadi tempat kamu membuang banyak sisa makanan, jangan asal buang ke wastafel biar salurannya nggak pampat, ya? Berikut adalah sejumlah benda yang haram dibuang di wastafel.

Inibaru.id - Kini, wastafel seperti menjadi benda yang wajib ada di dalam rumah. Selain dijadikan tempat mencuci peralatan masak atau makan, wastafel juga bisa dipakai untuk mencuci tangan, atau bahkan tempat untuk menyikat gigi. Multifungsi banget, kan ya?

Meski fungsinya mirip seperti saluran pembuangan, bukan berarti kamu bisa asal membuang berbagai benda di wastafel. Ingat, saluran pembuangan wastafel biasanya lebih sempit dari saluran pembuangan kamar mandi.

Jadi, jika kamu asal membuang benda, bisa-bisa saluran pembuangan wastafel jadi pampat. Kalau sudah begitu, kamu kan yang akan kessulitan?

Nah, berikut adalah 5 benda yang haram dibuang di wastafel. Apa saja ya barang-barang tersebut?

1. Sisa nasi

Saat mencuci piring atau peralatan masak, terkadang kita menemukan sejumlah sisa nasi yang tertinggal dan akhirnya membuangnya begitu saja ke wastafel. Meski seringkali hal ini bikin sisa nasi terbuang dengan baik, dalam beberapa kasus, sisa nasi bisa menumpuk di saluran pembuangan dan akhirnya bikin wastafel pampat.

Oleh karena itulah, alih-alih membuangnya di tempat cuci tersebut, bakal lebih baik jika kamu membuang sisa nasi, mi, atau pasta di tempat sampah organik.

2. Obat

Meski obat yang kamu buang sudah kedaluwarsa, bukan berarti kamu bisa dengan mudah membuangnya ke wastafel, termasuk yang berbentuk sirop. Jangan sekali-kali melakukannya karena bahan kimia obat bisa bikin saluran air pembuangan tercemar bahan kimia medis, Millens.

3. Ampas kopi

Ampas kopi bisa bikin wastafel pampat. (Mrrooter.ca)
Ampas kopi bisa bikin wastafel pampat. (Mrrooter.ca)

Saat kamu membersihkan gelas atau teko yang dipakai untuk memasak kopi, ada baiknya pastikan kalau ampas kopinya sudah dibuang dulu di tempat lain, ya?

Memang, jika dibuang ke wastafel, ada kesan kalau ampas kopinya akan ikut mengalir ke saluran pembuangan. Tapi, kalau hal ini dilakukan secara terus-menerus, ampas kopi bisa mengendap di satu titik dan akhirnya bikin wastafel tersumbat.

4. Minyak

Minyak sisa penggorengan ternyata haram dibuang ke wastafel. Alasannya sama layaknya jika kamu membuang ampas kopi. Meski terkesan bisa mengalir, minyak bisa saja menumpuk di suatu titik di saluran pembuangan dan akhirnya bikin wastafel pampat. Bahkan, dalam banyak kasus, hal ini bikin wastafelmu jadi berbau nggak sedap, deh!

5. Stiker kecil

Stiker kecil yang bisa kamu temukan di buah-buahan, sayuran, atau jajanan lain jangan sampai dibuang ke wastafel. Soalnya, stiker tersebut terus menumpuk bakal bikin saluran pembuangan wastafel pampat dan kamu akan kerepotan untuk memperbaikinya.

Hm, ternyata banyak juga ya barang yang sebaiknya nggak dibuang di wastafel. Kalau kamu sendiri, masih sering membuang benda-benda tersebut nggak, Millens? (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved