PPKM Jawa Tengah Turun Level, Siapkah Sektor Pariwisata Buka Segel?

PPKM Jawa Tengah Turun Level, Siapkah Sektor Pariwisata Buka Segel?
Suasana Kota Lama Semarang saat PPKM. (Inibaru/ Triawanda Tirta Adtya)

PPKM yang turun level membuat wacana buka segel pariwisata di Jawa Tengah diembuskan. Menanggapi hal ini, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menegaskan, dia dan tim masih masih membahas uji coba pembukaannya.

Inibaru.id - Setelah berbulan-bulan menunggu, PPKM di Jawa Tengah akhirnya bisa turun level. Dari sebelumnya Level 4, pembatasan diperlonggar hingga Level 3. Tentu saja hal ini menjadi angin segar untuk masyarakat dan pelaku bisnis di Jateng, nggak terkecuali sektor pariwisata.

Wacana membuka segel pariwisata pun mengemuka. Namun, agaknya Gubernur Jateng Ganjar Pranowo nggak pengin buru-buru tancap gas. Lelaki kelahiran Kabupaten Karanganyar 52 tahun silam ini menuturkan, aturan uji coba dan pembukaan tempat wisata sedang dibahas jajaran dinas pariwisata.

"Kami perlu menyelenggarakan rapat seluruh kepala dinas pariwisata," tegas Ganjar di Rumah Dinas Gubernur Puri Gedeh, Rabu (25/8/2021).

Politikus PDI-P tersebut menambahkan, nantinya pembukaan tempat wisata dilakukan bertahap, tentu saja ada pembatasan-pembatasan tertentu, sesuai aturan yang disepakati. 

Ilustrasi: Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah.. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Ilustrasi: Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah.. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

"Kami berharap kepala dinas pariwisata di kota dan kabupaten menyiapkan uji coba terbatas," ujar Ganjar. "Seperti yang sudah dilakukan di Kendal; sekarang tinggal kami evaluasi."

Menurut suami dari Siti Atiqoh Supriyanti ini, ada beberapa lokawisata wisata yang memungkinkan untuk diuji coba, salah satunya tempat wisata yang terbuka. Di tempat terbuka, imbuhnya, lebih mudah menerapkan pembatasan pengunjung dan social distancing karena tempatnya luas.

"Setiap lokawisata wisata yang akan melakukan uji coba wajib melapor ke pemprov melalui dinas terkait agar ada assessment dan kontrol dalam pelaksanaannya," tandas Ganjar. (Triawanda Tirta Aditya/E03)