Benarkah Rajin Minum Teh Bisa Tangkal Covid-19?

Benarkah Rajin Minum Teh Bisa Tangkal Covid-19?
Ilustrasi - Ada kabar yang menyebut minum teh bisa mencegah Covid-19. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Belakangan ini ada kabar yang menyebut hasil penelitian di Jepang menunjukkan kalau teh mampu mencegah paparan Covid-19. Apakah hal ini memang benar?

Inibaru.id – Selain kopi, masyarakat Indonesia dikenal gemar minum teh. Nah, ada kabar baik soal kebiasaan minum teh ini. Penelitian di Jepang menyebut rutin meminumnya bisa jadi mampu menangkal Covid-19 yang semakin parah di Indonesia.

Para peneliti sebenarnya sudah mencari cara mencegah paparan virus mematikan ini sejak pandemi Covid-19 merebak di Tiongkok. Nah, salah satu hal yang mereka teliti adalah teh, minuman yang digemari di hampir seluruh penjuru dunia. Sebagai contoh, akun We Chat yang milik Center for Disease Control and Prevention (CDC) Zhejiang pada 26 Februari 2020 sempat menyebut konsumsi teh memang bisa mencegah virus Corona.

Para peneliti pun langsung menindaklanjuti kabar ini. Hasil dari penelitian secara in vitro ini adalah, kandungan polifenol di dalam teh ternyata bisa membunuh virus secara ekstraseluler sekaligus menekan proliferasi intraseluler. Hal ini berarti, rutin meminumnya bisa meningkatkan kemampuan tubuh dalam mencegah Covid-19.

Kandungan di dalam teh dianggap ampuh melawan virus. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Kandungan di dalam teh dianggap ampuh melawan virus. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Para peneliti yang berasal dari Nara Medical University, Jepang pun melakukan penelitian serupa. Hasilnya juga sama, teh sepertinya memang cukup efektif mencegah paparan virus ini karena memiiki kandungan katekin. Zat ini bisa mengikat permukaan virus Covid-19 dan membuatnya sulit menempel ke sel tubuh manusia. Infeksi berbahaya pun bisa dicegah.

Lantas, jenis teh mana yang paling ampuh mencegah virus ini? Para peneliti menggunakan 10 jenis produk teh hijau serta teh hitam botolan yang sering dijumpai di Jepang. Hasilnya, teh hitam yang teroksidasi paling kuat dianggap paling efektif melawan virus ini. Meski begitu, teh hijau dianggap bisa menghambat infeksi flu.

Hanya, penelitian ini hanya berlaku di dalam laboratorium dan belum tentu berlaku di tubuh manusia. Banyak warganet yang bahkan meragukannya karena warga Inggris dikenal sebagai penggemar teh dan tetap saja kasus Covid-19 di sana cukup tinggi.

Melihat fakta ini, minum teh memang bisa dianggap sebagai cara yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, untuk mencegah Covid-19, kita harus memakai masker di luar rumah, menjauhi kerumunan, rajin cuci tangan, dan sebaiknya lebih sering di rumah aja deh, Millens. (Det/IB09/E05)