Antisipasi Varian Omicron Layaknya Skenario Delta

Antisipasi Varian Omicron Layaknya Skenario Delta
Ganjar Pranowo memastikan Pemprov Jateng telah melakukan persiapan mengantisipasi varian Omicron. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Untuk mengantisipasi merebaknya varian omicron di Jawa Tengah, Pemerintah Provinsi telah menyiapkan skenario serupa pencegahan penyebaran delta.

Inibaru.id – Kembali meningkatnya kasus Covid-19 yang dipengaruhi oleh varian Omicron yang menyebar dengan sangat cepat bikin Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah mempersiapkan semua kemungkinan terburuk, termasuk kemungkinan sangat parah sebagaimana saat varian Delta menggila pada pertengahan 2021.

Demi memastikan persiapan mengantisipasi lonjakan varian Omicron ini benar-benar terlaksana, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sampai menemui kepolisian dan militer.

“Kita sudah bertemu, saya, Pak Kapolda, dan Pak Pangdam untuk menyiapkan semuanya. Persiapannya sama, seperti saat skenario Delta dulu,” ungkap Ganjar setelah ikut serta dalam rapat koordinasi yang dipimpin Presiden Jokowi secara daring di rumah dinasnya pada Senin (7/2/2022).

Ada sejumlah hal yang dipersiapkan oleh Pemprov Jateng. Nggak hanya soal tempat isolasi terpusat, pihak rumah sakit di Jawa Tengah juga diminta mempersiapkan sumber daya manusia, obat-obatan, hingga pasokan oksigen agar nggak sampai langka sebagaimana pada pertengahan 2021. Selain itu, edukasi protokol kesehatan kepada masyarakat juga terus digencarkan.

“Minimal masker itu wajib dalam setiap aktivitas, seperti di pasar, sekolah, dan lainnya,” jelas Ganjar.

Semua pihak diminta untuk mengerahkan sumber dayanya demi mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Semua pihak diminta untuk mengerahkan sumber dayanya demi mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Nah, khusus untuk sekolah, penerapan prokes harus dilakukan dengan ketat. Hal ini supaya nggak terjadi kasus klaster penularan Covid-19 di sekolah yang membuat banyak siswa atau tenaga pendidik tertular dan akhirnya berimbas pada sekolah tutup.

Kasus Omicron di Jateng Nggak Begitu Tinggi

Sebenarnya sih ya, kasus varian Omicron di Jawa Tengah masih belum tinggi jika dibandingkan dengan daerah lainnya di Jawa dan Bali. Hanya, karena angka positif Covid-19 juga semakin meningkat, terutama di kota besar seperti Solo dan Semarang, dia ingin semua pihak tetap waspada.

Per Senin (7/2), terjadi penambahan kasus positif sebanyak 888 di Jawa Tengah dengan kasus kematian bertambah 10 orang. Setidaknya, ada 6.621 orang yang dinyatakan masih sakit. Namun, persentase kesembuhan cukup tinggi, yakni 92,51 persen.

Angka kenaikan kasus positif ini memang lebih rendah dari Jakarta yang mencapai 12.682, Jawa Barat yang mencapai 5.047, Banten yang mencapai 3.194 kasus, Bali yang mencapai 1.172 kasus, Jawa Timur mencapai 1.339 kasus, dan DIY yang bertambah 149 kasus.

Ingat ya, Millens, tetap jaga protokol kesehatan, ya? (And/IB09/E05)