Tamborasi, Sungai Terpendek di Dunia yang Ada di Indonesia

Tamborasi, Sungai Terpendek di Dunia yang Ada di Indonesia
Sungai Tamborasi, sungai terpendek di dunia yang ada di Sulawesi Tenggara. (Instagram.com/christianadhika)

Sungai Tamborasi hanya memiliki panjang 20 meter dan dinobatkan jadi sungai terpendek di dunia. Di mana ya sungai ini?

Inibaru.id – Kalau bicara tentang sungai, yang terpikir tentu adalah sungai dengan panjang puluhan atau ratusan kilometer. Hanya, khusus untuk Sungai Tamborasi beda. Sungai ini justru mendapatkan label sebagai sungai terpendek di dunia. Tebak, seberapa panjangnya? Yap, hanya 20 meter! Kok bisa, ya?

Sungai Tamborasi ada di Kolaka, Sulawesi Tenggara. Meski panjangnya hanya 20 meter, lebar sungai ini mencapai 15 meter. Nah, bentuknya yang unik ini membuatnya jadi mirip seperti danau yang ada di tepi laut. Danau ini berisi air tawar, bukannya air laut sebagaimana laguna yang memang terkadang bisa ditemukan di pantai-pantai.

Air yang keluar dari sungai ini berasal dari tebing cadas yang tegak lurus dan sangat tinggi. Dari celah-celah tebing di bawah pepohonan rimbun inilah air itu berasal. Menariknya, air dari sungai yang sangat pendek ini jernih banget dengan warna hijau toska di bagian hulu. Yang bikin lebih keren, di bagian hulu dekat dengan tepi tebing, kedalamannya bisa mencapai 5 meter, lo.

Sungai Tamborasi bermuara di Laut Flores. (Instagram/Laodejailani)
Sungai Tamborasi bermuara di Laut Flores. (Instagram/Laodejailani)

Suhu air sungai ini juga cenderung dingin, sangat kontras dari air Laut Flores tempat bermuaranya sungai ini yang cenderung hangat dan lebih asin. Di sekitar sungai ini, ada pasir pantai putih yang sangat indah yang dikenal sebagai Pantai Tamborasi.

Cara ke Tamborasi

Kalau kamu ingin mengunjungi sungai dan pantai yang sangat indah ini, datang dulu ke Kolaka. Setelah itu, kamu bisa menggunakan transportasi darat seperti mobil sekitar 80 km. Tapi, kalau kamu melakukan perjalanan dari Kendari, jaraknya sekitar 300 km di jalur Ranteangin-Kolaka. Nggak perlu khawatir bakal nyasar saat mencari sungai dan pantai ini. Ada kok tulisan besar dengan warna-warni mencolok bertulisan “Tamborasi Beach” dengan latar Laut Flores yang biru dan indah.

Menariknya ada sebuah mitos yang dipercaya masyarakat setempat, yakni kalau kamu bisa mengikat tali pada akar pohon yang ada di sekitar sungai atau tebing, bisa lo mendatangkan jodoh bagi yang masih jomlo atau bikin mereka yang sudah menikah jadi lebih harmonis.

Jadi, kapan nih kita datang ke Sungai Tamborasi, sungai terpendek di dunia? (Cnn/IB09/E05)