inibaru indonesia logo
Beranda
Adventurial
Segarnya Pemandangan Sungai Bening di Kali Udal Gumuk, Magelang
Minggu, 5 Nov 2023 08:38
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Kali Udal Gumuk di Magelang. (Wisata.app/mudalkaligumuk)

Kali Udal Gumuk di Magelang. (Wisata.app/mudalkaligumuk)

Pengin main air di tempat yang masih alami dengan air yang jernih dan segar? Datang saja ke Kali Udal Gumuk, Magelang, Millens.

Inibaru.id – Musim kemarau yang masih belum benar-benar selesai di bulan Oktober tahun ini membuat kita masih merasakan suhu yang menyengat sepanjang waktu. Nah, untuk mengatasi suhu yang bikin gerah tersebut, nggak ada salahnya lo datang ke tempat yang menawarkan kesegaran seperti di Kali Udal Gumuk, Magelang. Soalnya, di sana kamu bisa melihat sungai sebening kaca dan bermain air sepuasnya.

Lokasi Kali Udal Gumuk bisa kamu temui di Desa Treko, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. Kalau dari pusat kota Magelang, jaraknya sekitar 14 kilometer. Meski nggak jauh dari pusat kota, kamu akan langsung disuguhi pemandangan khas pedesaan yang asri begitu sampai di sana, Millens.

FYI, kamu nggak perlu membayar tiket masuk, lo. Begitu sampai di tempat wisata yang masih dikelilingi dengan pepohonan yang rindang ini, kamu hanya perlu membayar seikhlasnya di sebuah kotak yang tersedia di tempat parkir. Setelah berjalan kurang lebih 5 menit dari tempat parkir tersebut, kamu akan langsung bisa melihat sungai yang masih bening dan bersih. Di sungai itulah, kamu bisa bermain air sampai puas.

Warga setempat yang mengetahui potensi wisata dari sungai tersebut cukup cerdik untuk membangun semacam kolam yang bisa dipakai wisatawan bermain air. Kolamnya nggak terlalu dalam, sekitar sepinggang orang dewasa. Tapi, sudah cukup untuk membuat wisatawan berlama-lama berendam atau bermain air di sana.

Ada juga bagian lain yang sedikit lebih dalam, yaitu di tempat sebelum air mulai dibendung. Di sana, kamu bahkan bisa menyelam dan melihat langsung dasar sungai yang masih bersih lo.

Kamu bisa bermain air sepuasnya di Kali Udal Gumuk. (IG/Jawagraph)
Kamu bisa bermain air sepuasnya di Kali Udal Gumuk. (IG/Jawagraph)

Kalau kamu penasaran dengan sumber mata air dari sungai yang masih bersih tersebut, juga bisa lo berjalan kaki sebentar. Meski begitu, saat kamu sudah menemukannya, nggak akan diperbolehkan untuk main air di mata air tersebut. Maklum, kalau di sumbernya sampai keruh atau kotor, akan memengaruhi kondisi air di tempat wisata Kali Udal Gumuk.

Sayangnya, meski sudah dilengkapi dengan fasilitas seperti toilet dan warung penjual makanan atau minuman, tempat wisata ini hanya menyediakan persewaan ban dengan tarif Rp5 ribu yang bisa dipakai sepuasnya. Nggak ada persewaan peralatan renang di sana. Meski begitu, kalau kamu terpikir untuk camping di sana, ternyata diperbolehkan.

“Jam buka di sini 24 jam. Bebas. Ada kok orang yang menginap bawa tenda sendiri,” ungkap Ketua RT setempat yang juga mengelola tempat wisata tersebut, Basori sebagaimana dikutip dari Kompas, Selasa (24/10/2023).

Jadi penasaran nggak nih, Millens mencicipi segarnya bermain air di Kali Udal Gumuk Magelang? Selagi akhir pekan, nggak ada salahnya nih datang ke sana. (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved