inibaru indonesia logo
Beranda
Adventurial
Melihat Keindahan Lima Gunung di Desa Wisata Pandanrejo, Purworejo
Minggu, 29 Okt 2023 15:34
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Pemandangan 5 gunung di puncak Gunung Gajah. (Imgur/dinparbud.purworejokab.go.id)

Pemandangan 5 gunung di puncak Gunung Gajah. (Imgur/dinparbud.purworejokab.go.id)

Di Desa Pandanrejo, Purworejo, Jawa Tengah, kamu bisa mendaki Gunung Gajah yang hanya memiliki ketinggian 824 mdpl. Dari puncak gunung itu, kau bisa melihat 5 gunung lain, lo. Seperti apa ya keindahannya?

Inibaru.id – Pulau Jawa memang memiliki banyak gunung yang indah. Tapi, nggak semuanya bisa dilihat dalam jumlah banyak dari satu lokasi. Nah, kalau kamu pengin melihat lima gunung sekaligus dari satu tempat, bisa lo melakukannya di Desa Wisata Pandanrejo, Purworejo, Jawa Tengah.

Lokasi desa ini bisa kamu temui di Kecamatan Kaligesing, tepatnya di lereng Perbukitan Menoreh. Kalau dari pusat kota Purworejo, jaraknya kurang lebih 17 kilometer. Kalau dari Kota Yogyakarta, jaraknya sekitar 36 kilometer.

Tempat di mana kamu bisa melihat lima gunung sekaligus adalah Gunung Gajah yang ada di ketinggian 835 meter di atas permukaan laut (mdpl). Kalau kamu mendaki gunung tersebut sampai puncak, bisa melihat Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, dan Slamet, lo.

O ya, waktu terbaik untuk mendaki gunung yang juga dikenal dengan nama lain Gunung Argoliman tersebut adalah pada pagi buta atau menjelang sore karena suhu udaranya nggak terlalu panas. Selain itu, pemandangan gunung saat matahari terbit atau tenggelam tentu akan terlihat lebih indah, Millens.

“Di sini ada beberapa spot untuk foto seperti menara dan panggung dari bambu. Selain bisa melihat gunung, pemandangan hutan pinus di sini juga cukup indah,” ungkap salah seorang pengunjung Gunung Gajah Dani Nofiawan sebagaimana dilansir dari Sorotpurworejo, Minggu (21/5/2017).

Banyak spot wisata andalan

Bukit Sebutrong. (inparbud.purworejokab.go.id)
Bukit Sebutrong. (inparbud.purworejokab.go.id)

Selain bisa melihat lima gunung sekaligus di Gunung Gajah, ada beberapa hal lain yang bisa kamu lakukan di Desa Wisata Pandanrejo, lo, Millens. Sebagai contoh, kamu juga bisa mendaki Bukit Sebutrong yang unik dan memiliki pemandangan alam yang menarik.

Memang, kamu perlu mendaki 69 anak tangga untuk mencapai bukit ini. Tapi, layaknya saat melihat pemandangan di puncak Gunung Gajah, kamu juga akan disuguhi pemandangan alam indah di puncaknya. Apalagi, pada bukit tersebut juga ada keunikan berupa banyaknya lubang yang menjadi sarang landak.

Kalau bosan dengan pemandangan alam, kamu juga bisa lo mendatangi peternakan kambing etawa yang ada di desa tersebut. Asal kamu tahu saja, ya, kini ada lebih dari 5 ribu ekor kambing etawa di Desa Pandanrejo. Jumlahnya lima kali lipat dari jumlah warga desa yang hanya sekitar 1.000-an, Millens.

Di peternakan tersebut, kamu bisa memberi makan kambing, memerah susunya, serta mencicipi kesegaran susu yang sudah diolah. Hm, cocok buat wisata keluarga, ya?

Jadi, kalau kamu kebetulan sedang berada di Purworejo, nggak perlu bingung mau wisata ke mana. Datang saja ke Desa Wisata Pandanrejo di Kecamatan Kaligesing, ya? (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved