inibaru indonesia logo
Beranda
Adventurial
Embung Balong, Tempat Piknik Buat yang Suka Kesunyian
Rabu, 29 Nov 2023 09:16
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Embung Balong di Desa Sepakung, Kabupaten Semarang. (Kompas/Dian Ade Permana)

Embung Balong di Desa Sepakung, Kabupaten Semarang. (Kompas/Dian Ade Permana)

Ada banyak hidden gem yang bisa kamu temui di Kabupaten Semarang. Salah satunya adalah Embung Balong, tempat wisata yang masih asri yang bakalan cocok untuk kamu jadikan lokasi piknik.

Inibaru.id – Dikenal masih adem dan asri, Kabupaten Semarang memang nyatanya memiliki banyak wisata alam yang menarik. Nah, kalau kamu pengin nyoba wisata alam di Kabupaten Semarang yang masih hidden gem, cobain deh datang ke Embung Balong.

Selama ini, Embung Balong yang berlokasi di Desa Sepakung, Kecamatan Banyubiru memang kalah tenar dari sejumlah lokasi wisata lain di lereng Gunung Telomoyo, yaitu Gumuk Reco, Ondo Langit, dan Ayunan Langit. Tapi, soal keindahan alam, Embung Balong nggak kalah cantik.

Ditambah dengan masih banyaknya orang yang nggak tahu lokasi wisata ini, Embung Balong pun cocok jadi tujuan orang yang pengin bersantai menenangkan pikiran sembari menikmati pemandangan alam sepuasnya.

“Saya kalau lagi pengin menikmati suasana alam yang sepi pasti ke sini. Dekat soalnya dari rumah saya di Salatiga, perjalanan cukup 30 menit. Kalau ada kabut malah terlihat lebih indah,” ujar salah seorang pengunjung bernama Muchif sebagaimana dilansir dari Kompas, Minggu (26/11/2023).

Meski ada embung berbentuk persegi yang jadi daya tarik utama, di sekitar embung terdapat hamparan rerumputan hijau yang bisa kamu jadikan lokasi piknik bersama dengan keluarga atau teman-teman. Nah, nggak jauh dari embung tersebut terlihat perbukitan yang masih hijau, tebing-tebing tinggi, hingga puncak Telomoyo yang gagah.

Embung Balong termasuk masih sepi jika dibandingkan dengan wisata lain di Desa Sepakung. (Kompas/Dian Ade Permana)
Embung Balong termasuk masih sepi jika dibandingkan dengan wisata lain di Desa Sepakung. (Kompas/Dian Ade Permana)

Kamu juga bisa lo membawa makanan sendiri atau bahkan membawa peralatan masak portable untuk piknik di sana. Mencicipi makanan di tengah pemandangan indah dan suhu yang sejuk khas pegunungan tentu akan menjadi pengalaman yang nggak terlupakan, bukan?

“Saya bawa perlengkapan masak sendiri, tikar, dan juga hammock yang bisa dipasang di pohon untuk tiduran,” terang Muchif.

Meski menawarkan keindahan dan sudah dilengkapi dengan fasilitas seperti bangunan rumah mini, mushala, hingga payung peneduh yang bisa dipakai pengunjung berlindung dari hujan, ada alasan yang membuat tempat wisata ini belum diminati banyak orang, yaitu jalur untuk menuju ke sana yang memang cukup ekstrem.

Jalan berliku nan curam khas pegunungan yang hanya muat untuk satu mobil harus dilalui pengunjung untuk mencapainya. Nggak semua jalan juga sudah dibeton. Terdapat jalur yang masih memakai bahan makadam alias pecahan batu dan kerikil yang dipadatkan. Meski begitu, bisa dikatakan jalan menuju Embung Balong cukup mudah.

O ya, kalau kamu tertarik untuk datang ke Embung Balong, nggak perlu khawatir membayar tiket masuk yang cukup mahal. Kamu hanya akan ditarik biaya parkir kendaraan, Millens. Nah, karena sekarang sudah musim hujan, ada baiknya kamu datang pas pagi atau setidaknya mengecek prakiraan cuaca dulu agar nggak sampai kehujanan. (Arie Widodo/E10)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved