Cappadocia di Indonesia, Nggak Perlu Jauh-Jauh ke Turki

Cappadocia di Indonesia, Nggak Perlu Jauh-Jauh ke Turki
Cappadocia, tempat wisata yang populer di Indonesia gara-gara Layangan Putus. (Flickr/ cattan2011)

Serial Layangan Putus bikin banyak orang penasaran dengan Cappadocia di Turki. Nah, sebelum jauh-jauh ke sana, boleh kok coba Cappadocia di Indonesia dulu. Di mana saja, ya?

Inibaru.id – Serial Layangan Putus yang sedang ramai dibahas warganet ternyata bikin Cappadocia jadi populer lo. Masalahnya, Cappadocia ini ada di Turki sehingga cukup jauh untuk dijangkau. Untungnya sih ya, sebenarnya ada juga lo Cappadocia di Indonesia. Lumayanlah meski nggak mirip-mirip banget.

Cappadocia ini ada di wilayah Anatolia, wilayah Turki yang masuk Asia. Kalau dibandingkan dengan jarak ke Istanbul, Cappadocia lebih dekat dengan wilayah Timur Tengah seperti Iraq atau Suriah, Millens.

Konon, Cappadocia sudah dikenal sejak abad ke-6 sebelum Masehi. Di sini, alamnya sangat indah karena ada formasi bebatuan dan goa-goa yang jadi tempat tinggal warga. Kecantikannya makin bertambah gara-gara adanya wahana balon udara yang bisa dinaiki para wisatawan yang ingin menikmati pemandangan alam dari atas.

Gara-gara hal inilah, foto-foto Cappadocia yang dikenal banyak orang biasanya adalah kombinasi dari balon udara dan pemandangan alam di sana.

Mengingat Turki itu lumayan jauh dari Indonesia, tentu kalau mau melihat Cappadocia, harus membayar mahal untuk tiket pesawat, akomodasi, dan lain-lain. Nah, kalau kamu belum bisa ke sana, nggak ada salahnya lo kamu mencoba wisata ala-ala Cappadocia di Indonesia.

1.       Subang

Salah satu lokasi wisata yang dianggap mirip dengan Cappadocia ada di Subang, Jawa Barat. Namanya sih Balon Udara Sari Ater. Kalau kamu datang ke sana, bisa kok naik balon udara yang terbang dengan ketinggian 40 meter. Durasi terbang 15 menit saja.

Cappadocia di Indonesia yang ada di Bromo. (Instagram @ andcruiserstory)
Cappadocia di Indonesia yang ada di Bromo. (Instagram @ andcruiserstory)

Tarifnya lumayan mahal, Millens, yakni sekitar Rp 650 ribu per orang. Namun, karena pemandangannya sangat indah, dijamin kamu pasti bakal puas deh naik balon udara di sini.

2.       Bromo

Bromo nggak hanya tentang padang savana, gurun pasir berbisik, atau kawahnya yang luar biasa. Di sini, kamu juga bisa naik balon udara, lo. Bayangin aja deh kamu bisa menikmati Bromo, Batok, dan Semeru dari ketinggian 50 meter di dalam balon udara. Kayaknya kok seru, ya?

Kalau mau naik balon udara ini, siapkan duit Rp 250 ribu – Rp 850 ribu per orang, ya? Biasanya sih, wahana balon udara ini sudah bisa kamu sewa sejak pukul 06.00 pagi sampai malam.

3.       Tanah Gajah, Bali

Di Jalan Goa Gajah, Tengkulak Kaja, Ubud, Bali, ada Balon Udara Tanah Gajah, Millens. Di sini, ada wahana balon udara yang bisa kamu naiki setinggi 50 meter dengan durasi 7-10 menit.

Tarifnya lumayan mahal, Millens, yakni sekitar Rp 2 juta per orang. Harus benar-benar menabung deh buat naik ini.

Gimana, tertarik ke Cappadocia di Indonesia atau tetap pengin datang ke tempat aslinya saja, nih? (Fim/Idx/IB09/E05)