Kronologi Terungkapnya Kasus Omicron Pertama di Indonesia, Mungkinkah Sudah Lama Menyebar?

Kronologi Terungkapnya Kasus Omicron Pertama di Indonesia, Mungkinkah Sudah Lama Menyebar?
Ilustrasi: Kasus Omicron pertama di Indonesia sudah terungkap. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Kronologi Kasus Omicron pertama di Indonesia justru mengungkap fakta lain yang membuat banyak orang bertanya-tanya, mungkinkah varian Omicron sudah menyebar di Tanah Air tanpa disadari?

Inibaru.id – Jadi ya, Millens, kasus Omicron pertama di Indonesia sudah terungkap. Yang terpapar virus ini adalah seorang staf kebersihan di Wisma Atlet Jakarta, N. Nah, penelusuran yang dilakukan terhadap N untuk mengetahui dari mana dia sampai terpapar varian Omicron pun membuat banyak orang bertanya-tanya. Mungkinkah varian Omicron sudah lama berada di Indonesia tanpa kita ketahui?

Menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes), N diperkirakan tertular dari WNI yang baru saja pulang dari Nigeria. Jadi, WNI itu juga sempat menjalani karantina di Wisma Atlet, tempat N bekerja.

Kronologi kasus ini seperti ini, Millens. Pada Rabu (15/12/2021), Kemenkes menemukan kasus Omicron pertama di Indonesia. Jadi, berdasarkan data sequens genomic yang telah dicek di GSAID, N ini tertular varian Omicron B.1.1529. Untungnya, N sama sekali nggak mengalami gejala kesehatan, termasuk batuk-batuk ataupun demam.

Sehari setelahnya, Rabu (16/12), barulah Menkes Budi Gunadi Sadikin mengungkap temuan ini. Satu hal yang pasti, saat Budi mengumumkan kasus pertama Omicron di Indonesia, N sudah negatif Covid-19.

Ada tiga petugas kebersihan yang bertugas di Wisma Atlet yang positif saat dites PCR. Namun, hanya N yang terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron. Hanya, terungkap fakta lain kalau pemeriksaan S-gene Target Failure (STGF) juga mengungkap fakta kalau ada 5 kasus lain yang probable omicron alias belum bisa ditentukan namun besar kemungkinan juga Omicron yang ada di Indonesia.

Kini, sudah ada dua tambahan kasus Omicron baru di Indonesia. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Kini, sudah ada dua tambahan kasus Omicron baru di Indonesia. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Dari lima kasus probable omicron ini, 2 di antaranya adalah WNI yang baru saja pulang dari Inggris serta Amerika Serikat. Sisanya, 3 orang WNA dari Tiongkok yang singgah ke Manado. Gara-gara hal ini pula, Kemenkes pun memutuskan untuk lockdown Wisma Atlet hingga 10 hari.

Pemeriksaan pun dilakukan dengan ketat di Wisma Atlet. Hasilnya, ada dua kasus Omicron lain yang ditemukan pada Sabtu (18/12), kali ini menimpa dua pasien di tempat tersebut. Yang pertama adalah IKW (42), seorang laki-laki yang baru saja bepergian di Amerika Selatan, dan M (50), juga laki-laki, yang baru saja mengunjungi Inggris. Keduanya nggak mengalami gejala kesehatan apapun.

Omicron Sudah Lama Ada di Indonesia?

Pertanyaan muncul begitu Kemenkes mengungkap kronologi bagaimana N diduga sudah terpapar Covid-19. Hal ini disebabkan oleh orang yang diduga membuatnya tertular, yakni TF (21), tiba dari Nigeria pada 27 November 2021 lalu. Di Wisma Atlet, TF menjalani karantina bersama dengan 169 WNI lainnya yang juga baru tiba dari luar negeri pada periode 24 November 2021 – 3 Desember 2021.

Jeda antara waktu TF tiba di Indonesia dari Nigeria dan waktu terungkapnya kasus pertama Omicron di Wisma Atlet inilah yang membuat banyak orang bertanya-tanya, mungkinkah Omicron sebenarnya sudah lama berada di Indonesia, atau masih terisolasi di sekitar Wisma Atlet saja.

Kalau menurut kamu, gimana, Millens? (Det/B09/E05)