Akan Gelar Sejumlah Ajang Bergengsi, Vaksinasi di Kawasan Borobudur Dipercepat!

Akan Gelar Sejumlah Ajang Bergengsi, Vaksinasi di Kawasan Borobudur Dipercepat!
Suasana wisatawan di Candi Borobudur sebelum pandemi Covid-19. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Program vaksinasi Covid-19 di Magelang yang semula tergolong rendah kini dipercepat, salah satunya karena kawasan wisata ini akan gelar event besar dalam waktu dekat.

Inibaru.id – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mulai menggenjot program vaksinasi Covid-19 yang dipusatkan di kawasan Candi Borobudur. Selain karena vaksinasi di Kabupaten Magelang tergolong sebagai salah satu yang terendah di Jateng, dalam waktu dekat Borobudur juga bakal menggelar sejumlah event besar.

Menurut Ganjar, vaksinasi di candi terbesar se-Indonesia perlu dilakukan untuk menyiapkan dan membantu para pelaku wisata di kawasan tersebut. Program itu juga sekaligus ditujukan untuk para pelajar yang saat ini mulai melakukan sekolah tatap muka.

"Kami sengaja menggelar di kawasan ini agar publik tahu bahwa pariwisata kita sudah siap-siap, sehingga masyarakat, pelaku wisata, dan pelajar aman," kata Ganjar, Senin (27/9/2021).

Ilustrasi: Vaksinasi Covid-19 di Jawa Tengah (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Ilustrasi: Vaksinasi Covid-19 di Jawa Tengah (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Percepatan vaksinasi ini juga dilakukan karena bakal ada sejumlah event besar yang akan digelar di Candi Borobudur. Beberapa pergelaran itu antara lain Tour de Borobudur (TDB), ajang balap sepeda, dan ajang lari internasional Borobudur Marathon.

"Sebelum kegiatan itu, kami ingin vaksinasi dipercepat. Kabupaten Magelang termasuk rendah vaksinasinya, jadi kami serbu biar naik dan masyarakat terlindungi," ujar Ganjar. "Biar wisata yang bagus-bagus di kawasan ini bisa bergeliat lagi."

Nggak hanya kawasan Borobudur, Ganjar juga meminta seluruh daerah di Jateng benar-benar mempersiapkan diri untuk membuka lokawisata wisata, termasuk menentukan destinasi prioritas mana yang perlu percepatan vaksinasi. (Triawanda Tirta Aditya/E03)