BerandaHits
Rabu, 25 Jan 2023 20:07

Sering Menggunakan Alat Pengering Kuku Berpotensi Sebabkan Kanker

Sering Menggunakan Alat Pengering Kuku Berpotensi Sebabkan Kanker

Ilustrasi: Alat pengering kuku memancarkan sinar ultraviolet langsung ke tangan kita. (Productnation)

Menyinari kuku dengan sinar ultraviolet dari alat pengering kuku memang membuat proses manicure dan pedicure menjadi lebih cepat. Tapi jika terlalu sering menggunakannya, kanker dan rusaknya sel DNA bisa saja terjadi.

Inibaru.id - Saat melakukan manicure dan pedicure pasti ada tahapan penyinaran kuku dengan sinar ultraviolet (UV). Tujuannya agar cat kuku yang kita kenakan cepat kering secara merata. Biasanya sekali proses mani-pedi membutuhkan waktu pengeringan selama 10 menit.

Namun rupanya, terlalu sering kuku kita terpapar sinar UV bisa menyebabkan sel DNA pada tangan manusia rusak, lo. Nggak hanya itu, paparan sinar UV yang tinggi diketahui bisa menyebabkan kanker. Itu karena beberapa spektrum sinar UV bersifat karsogenik.

Memang hal itu belum terbukti terjadi pada manusia. Tapi para peneliti telah melakukan eksperimen itu pada tikus dan sel manusia. Keduanya dijemur di bawah pengering cat kuku UV selama 20 menit. Hasilnya, 20 persen hingga 30 persen sel terbukti mati, sementara sesi 20 menit setiap hari selama tiga hari berturut-turut bisa membunuh antara 65-70 persen sel DNA.

Selain bisa membunuh sel DNA, sel-sel yang tersisa dan mengalami kerusakan setelah terpapar sinar UV biasanya akan bermutasi dan bisa berhubungan dengan kanker kulit. Meski demikian, hasil penelitian itu belum menunjukkan bukti langsung untuk peningkatan kanker. Namun, ini bisa mengindikasikan peningkatan risiko.

"Begitu saya melihat efek radiasi yang dipancarkan oleh perangkat pengering cat gel pada kematian sel dan itu benar-benar memutasi sel bahkan setelah hanya satu sesi 20 menit, saya terkejut," kata Zhivagui, salah satu penulis utama studi tersebut seperti dilansir dari Science Alert, Kamis (19/1/2023).

Jangan Terlalu Sering

Ilustrasi: Datang ke salon kuku boleh saja asal nggak terlalu sering agar terhindar dari risiko kerusakan DNA pada tangan dan kanker kulit. (Facesia)
Ilustrasi: Datang ke salon kuku boleh saja asal nggak terlalu sering agar terhindar dari risiko kerusakan DNA pada tangan dan kanker kulit. (Facesia)

Merawat dan merapikan kuku memang baik. Tapi jika kamu terlalu sering menggunakan alat pengering kuku, mungkin akan mengundang bahaya. Dermatolog Melissa Piliang dari Klinik Cleveland memperingatkan pada tahun 2021, orang yang lebih sering mengunjungi salon kuku mungkin akan menghadapi risiko kanker kulit lebih besar.

Jika seseorang pergi beberapa kali dalam setahun, mereka mungkin nggak perlu terlalu khawatir. Tapi jika mereka pergi setiap dua minggu sekali, itu mungkin harus diwaspadai.

Kenapa alat pengering kuku yang diklaim aman itu bisa mengancam kesehatan kita? Jawabannya karena alat tersebut memancarkan sinar UV secara langsung ke tubuh kita. Sebuah penelitian di tahun 2013 menyatakan, dosis radiasi UV yang dipancarkan oleh lampu kuku UV adalah 4,2 kali lebih kuat dari Matahari. Namun, para peneliti menyimpulkan bahwa intensitas paparan yang tinggi memerlukan studi lebih lanjut.

Jadi, mulai sekarang jangan sekadar datang ke salon kuku, ya. Ketahuilah jika terlalu sering mengeringkan kuku dengan sinar UV bisa membahayakan tubuh kita. (Siti Khatijah/E05)

Artikel ini telah terbit di Media Indonesia dengan judul Hati-Hati, Keseringan Mani-Pedi dapat Merusak Sel DNA Tangan.

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved