Sekdes di Pati Beli Rubicon dan Alphard untuk Anak, Kekayaan dari Mana?

Sekdes di Pati Beli Rubicon dan Alphard untuk Anak, Kekayaan dari Mana?
Sekdes di Pati beli Rubicon dan Alphard. (Okezone/MNC Media)

Nur Chamin, sekdes di Pati beli Rubicon dan Alphard untuk anaknya. Dia juga membelikan mobil Honda HR-V. Padahal, gajinya sebagai sekdes bisa dikatakan kecil. Dari mana dia mendapatkan kekayaan untuk membeli barang-barang mewah itu?

Inibaru.id – Belakangan ini media sosial dihebohkan dengan seorang sekretaris desa (sekdes) di Pati beli Rubicon dan Alphard untuk anaknya. Bahkan, dia juga membeli Honda HR-V. Ketiga mobil ini dikenal memiliki harga cukup mahal. Lantas, dari mana dia bisa memiliki kekayaan sebanyak itu meski jabatannya hanya sekdes?

Sang sekdes tersebut adalah Nur Chamin. Dia bertugas di Desa Gajihan, Kecamatan Gunungwungkal, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Bisa dikatakan, jabatannya sebagai sekdes adalah caranya mengabdi ke masyarakat desanya. Soalnya, pendapatan aslinya jauh lebih besar karena dirinya merupakan seorang pengusaha ulung.

“Saya ada usaha jual beli kapling tanah dan madu gana. Diekspor ke beberapa negara,” terang Chamin, Senin (3/1/2022).

Chamin juga dikenal aktif di organisasi pengusaha yang ada di Bumi Mina Tani, julukan dari kabupaten yang ada di pesisir utara Jawa Tengah ini. Contohlah, dia aktif di Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) serta Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN).

“Saya anggota Dewan Pembina HIPMI Pati, Ketua KADIN Pariwisata Pati, dan Ketua Asperindo Pati,” tegas Chamin.

Memenuhi Janji

Nur Chamin, sekdes di Pati membeli Rubicon, Alphard, dan HR-V demi memenuhi janji. (Tribun Jateng/Mazka Hauzan Naufal)
Nur Chamin, sekdes di Pati membeli Rubicon, Alphard, dan HR-V demi memenuhi janji. (Tribun Jateng/Mazka Hauzan Naufal)

Chamin nggak ingin aksinya membelikan tiga mobil ke keluarganya dianggap sebagai ajang pamer. Dia menyebutnya sebagai wujud kasih sayang kepada keluarga sekaligus jadi motivasi bagi pengusaha-pengusaha lain untuk semakin sukses dan bisa membahagiakan keluarga.

Saat ditanya alasan mengapa dia membelikan mobil-mobil mewah ini. Chamin mengaku hanya ingin memenuhi janji kepada anak-anaknya. Dia memang berjanji akan memberikan hadiah prestisius jika anak-anaknya berprestasi di dunia pendidikan.

“Saya sebagai orang tua harus bisa dipegang omongannya,” ujar Chamin.

Berapa Gajinya Sebagai Sekdes?

Kita hitung-hitungan dulu yuk harga mobil mewah yang dibeli Sekdes di Pati ini? Jadi, Jeep Rubicon harganya sekitar Rp 1,5 miliar, Toyota Alphard harganya sekitar Rp 1,1 miliar, sementara Honda HR-V harganya sekitar Rp 290 juta.

Angka ini sangat kontras dengan gaji sekretaris desa atau carik yang minimal Rp 2.224.420 per bulan, atau sedikit lebih tinggi dari gaji ASN Golongan IIA, Millens. Jadi, bisa dikatakan Nur Chamin memang mengabdi ke masyarakat dengan perannya sebagai sekretaris desa dan mendapatkan penghasilan utamanya dari usaha-usahanya.

Menariknya, Chamin sendiri menganggap dirinya sebagai pengusaha kecil jika dibandingkan dengan pengusaha-pengusaha lain di Pati.

Wah, aksi Nur Chamin yang merupakan sekdes di Pati yang membeli Rubicon, Alphard, dan mobil HR-V ini memang bikin heboh, ya, Millens? Kalau menurutmu, gimana, nih? (Det/IB09/E05)