Pemeran Simbok di Parodi Gagal Mudik, Mbah Minto Klaten Meninggal

Pemeran Simbok di Parodi Gagal Mudik, Mbah Minto Klaten Meninggal
Mbah Minto Klaten meninggal. Namanya viral di Parodi Gagal Mudik tahun 2020 lalu. (Brilio)

Masih ingat dengan video yang viral pada 2022 lalu berjudul Parodi Gagal Mudik? Yap, pemeran Simbok di video itu, Mbah Minto Klaten meninggal dunia. Kabar ini diungkap langsung oleh Ucup Klaten.

Inibaru.id – Mbah Minto Klaten meninggal pada Rabu (22/12/2021) lalu. Nama Mbah Minto sempat viral pada tahun lalu, tepatnya di lebaran pertama saat Indonesia terdampak pandemi Covid-19. Saat itu, dia memerankan tokoh Simbah dalam video Parodi Gagal Mudik yang mendapatkan sambutan positif dari masyarakat.

Kabar ini diungkap oleh pemilik kanal Youtube Ucup Klaten, laki-laki yang juga berperan dalam parodi tersebut pada hari ini, Kamis (23/12). Dia menyebut Mbah Minto meninggal pada Rabu malam, tepatnya pukul 21.15 WIB.

“Kami berduka cita atas wafatnya Almarhumah Minto Suwito Siyam (Mbah Minto). Semoga amal dan ibadah beliau diterima di sisi Allah SWT dan diberikan tempat terbaik di sisi-Nya,” terang Ucup Klaten.

Menurut Sekretaris Desa Krakitan, Bayat, Klaten Warsono, Mbah Minto sempat terpeleset di kamar mandi sebelum dilarikan ke RS Islam Klaten. Sayangnya, saat mendapatkan perawatan medis di sana, Mbah Minto mengembuskan napas yang terakhir.

Warganet pun langsung mengucapkan bela sungkawa atas meninggalnya Mbah Minto. Namanya bahkan sampai masuk dalam Trending Topic di Twitter Indonesia. Sejumlah tokoh terkenal, termasuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga ikut mengungkapkan rasa duka.

Ya Allah. Innalillahi wa Innailaihi Raji’un. Sugeng kondur Mbah Minto. Saesto, panjenengan tiyang sae. Husnul khotimah nggih mbah,” tulis Ganjar di akun Twitternya @ganjarpranowo.

Mbah Minto berakting di banyak video yang diunggah Ucup Klaten di Instagram dan Youtube. (Brilio)
Mbah Minto berakting di banyak video yang diunggah Ucup Klaten di Instagram dan Youtube. (Brilio)

Mengenang Mbah Minto di Parodi Gagal Mudik

Di video Parodi Gagal Mudik yang viral pada pertengahan 2020 lalu, Mbah Minto memerankan Simbok atau ibu dari seorang anak yang diperankan oleh Ucup Klaten. Sebenarnya, videonya sangat sederhana karena hanya menunjukkan anak dan ibu yang sedang menelepon.

Kalau di kanal Youtube, durasi videonya sampai 9 menit. Namun, yang viral adalah yang diunggah di Instagram dengan durasi nggak sampai semenit. Sebenarnya sih, ya, video ini tujuannya untuk diikutsertakan dalam Lomba Imbauan Pencegahan Covid-19 yang digelar oleh Polres Klaten.

Dalam video ini, Ucup yang sedang merantau dan ingin pulang kampung menelepon ibunya. Namun, Simbok justru melarangnya pulang.

Orasah mudik le. Neng kono sik. Lagi usum virus (Nggak usah mudik nak, di sana aja dulu, masih musim virus),” ucap Mbah Minto.

Saking viralnya video itu, Ganjar sampai menghubungi Mbah Minto Langsung secara Live di Instagram. Dia juga memberikan THR kepada Mbah Minto sebesar Rp 1 juta.

Ucup yang merupakan tetangga dari Mbah Minto menyebut nenek yang hidup seorang diri di rumahnya ini nggak bisa membaca. Nah, agar bisa akting, dia dipandu oleh Ucup dengan cara mendiktenya. Ternyata, Mbah Minto antusias dan melakukannya dengan sangat baik.

Nggak hanya di Parodi Gagal Mudik, Mbah Minto kemudian sering tampil di video-video lain yang diunggah Ucup Klaten di Instagram dan Youtube. Dia pun semakin terkenal dan membuat warga desa menjulukinya artis.

Mbah Minto meninggalkan 4 anak, 15 orang cucu, serta 4 orang buyut. Terima kasih atas aktingnya yang menghibur di masa pandai, ya Mbah. (Kom/IB09/E05)