Kampanye #PerkuatDiriJagaNegeri Jadi Solusi di Masa Pandemi

Kampanye #PerkuatDiriJagaNegeri Jadi Solusi di Masa Pandemi
Kampanye #PerkuatDiriJagaNegeri. (Istimewa)

Kampanye #PerkuatDiriJagaNegeri diadakan untuk mengajak orang menerapkan gaya hidup sehat sekaligus melakukan vaksinasi demi mengatasi pandemi Covid-19. Seperti apa ya kampanyenya?

Inibaru.id – Meski PPKM Darurat sudah dijalankan, realitanya kasus penularan Covid-19 di Indonesia masih sangat tinggi. Memang, tujuan dari PPKM Darurat ini adalah demi menurunkan angka positif Covid-19. Namun, dampak dari kebijakan ini memukul sektor ekonomi, pariwisata, hingga sektor pendidikan.

Masyarakat nggak hanya diminta untuk menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Mereka juga diminta untuk meningkatkan sistem imun alias daya tahan tubuh. Caranya adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat serta segera mendapatkan vaksinasi agar herd immunity bisa segera tercapai.

“Semua vaksin sangat bagus dan efek sampingnya hanya ringan. Diharapkan 70 persen masyarakat Indonesia dapat menerima vaksin,” ujar dr Asep Irham yang merupakan Business Development Specialist Bio Farma, Sabtu (17/7/2021).

Nah, dr Asep punya tips lain soal vaksin. Intinya sih, hal paling penting adalah yakin kalau vaksin bisa memberikan perlindungan bagi Covid-19. Meski begitu, bukan berarti mereka yang sudah divaksin bisa melonggarkan protokol kesehatan. Mereka pun tetap harus menerapkannya.

Selain itu, bagi mereka yang ingin melakukan vaksinasi, sebaiknya mendapatkan istirahat yang cukup, mengonsumsi makanan bergizi, minum air putih, dan ikut dalam challenge campaign #PerkuatDiriJagaNegeri.

Campaign Director Kampanye Publik dr Grace Hananta menyebut kampanye ini dikemas dengan cara yang menarik serta persuasif. Kalau mau ambil bagian, mudah kok, yakni hanya perlu membuat video kreatif untuk diunggah pada 16 Juli 2021. Nah, challenge yang perlu dilakukan hanyalah mengajak siapa saja untuk menerapkan gaya hidup sehat selama 7 hari dengan berjemur di hari pertama, minum 8 gelas per hari di hari kedua, dan olah raga di hari ketiga.

Ada juga webinar Lifestyle Immune and Germ “Healthy Lifestyle to Win Endless War
Ada juga webinar Lifestyle Immune and Germ “Healthy Lifestyle to Win Endless War". (Istimewa)

Di hari keempat, kamu tinggal mengajak konsumsi buah dan sayur, di hari berikutnya adalah tidur sebelum pukul 22.00 malam, di hari keenam memakai masker dobel, serta di hari terakhir adalah dengan melakukan vaksin lalu menunjukkan bukti sertifikat.

Kampanye ini nantinya juga akan diikuti dengan rangkaian roadshow selama 4 hari yang akan disiarkan live di Instagram @perhumasmuda. Di situ, bakal ada diskusi yang intinya menyelaraskan tujuan kampanye yang diadakan PERHUMAS Indonesia serta PERHUMAS Muda.

Selain itu, rangkaian utama dari kampanye #PerkuatDiriJagaNegeri ini adalah Webinar Talkshow dengan tajuk Lifestyle Immune and Germ “Healthy Lifestyle to Win Endless War”. Keynote dari acara ini adalah Juru Bicara Presiden Republik Indonesi Dr Mochammad Fadjroel Rachman, S.E, MH, Campaign Direktor Kampanye Publik Gerakan Pakai Masker dr Grace Hananta, C.Ht, BPP PERHUMAS Indonesia Fardilla Astari, IAPR, serta Business Development Specialist Bio Farma dr Asep Irham Fattahul Quran.

Webinar ini diadakan pada Sabtu (17/7/2021) lalu dan dihadiri oleh seluruh humas muda, praktisi, akademisi, mahasiswa, serta masyarakat umum. Tujuan dari webinar ini sih memberikan pesan terhadap masyarakat agar tenang sekaligus tahu bagaimana harus bertindak di masa pandemi Covid-19.

Hingga sekarang, kampanye #PerkuatDiriJagaNegeri sudah menarik minat puluhan ribu orang. Meski belum besar, diharapkan dampaknya bisa cukup banyak karena bisa memberikan pengaruh bagi lebih banyak orang.

Yuk ikutan dan ajak teman-temanmu dalam kampanye #PerkuatDiriJagaNegeri ini, Millens! (IB09/E05)