BerandaHits
Rabu, 25 Jan 2023 13:06

Ini Langkah-Langkah Agar Rekeningmu Terhindar dari Kebobolan

Ini Langkah-Langkah Agar Rekeningmu Terhindar dari Kebobolan

Ilustrasi: Jangan pernah memberitahukan User ID, password, kode OTP, PIN rekening kepada orang lain. (Teknologi)

Rekening dan ATM meski sifatnya personal dan pribadi, tetap saja selalu ada kemungkinan untuk dibobol oleh penjahat. Untuk menghindari hal nggak diinginkan tersebut, simaklah langkah antisipasi dari OJK ini.

Inibaru.id - Apakah kamu menyimak berita yang sedang hangat-hangatnya, tentang seorang tukang becak di Surabaya yang menguras tabungan orang lain sebesar Rp345 juta? Tukang becak yang bernama Setu itu bukanlah otak di balik pembobolan tersebut, melainkan Mohammad Thoha yang ternyata mengetahui PIN e-banking milik nasabah.

Konon, selain mengetahui PIN e-banking dan jumlah saldo, Thoha juga mencuri kartu debit, KTP, dan buku tabungan korban. Wah, modus kejahatan perbankan di era digital ini semakin berkembang dan bisa memanfaatkan kelalaian nasabah ya, Millens?

Nah, biar hal buruk ini nggak terjadi padamu, sebaiknya selalu waspada dan lakukan langkah antisipasi.

Mengutip laman Instagram terverifikasi @ojkindonesia, berikut hal-hal yang harus diperhatikan agar rekening nggak dibobol.

1. Aktifkan Fitur SMS Notifikasi

Ilustrasi: Hindari mesin ATM yang ada tempelan sesuatu yang mencurigakan untuk menghindari skimming. (PA Media)
Ilustrasi: Hindari mesin ATM yang ada tempelan sesuatu yang mencurigakan untuk menghindari skimming. (PA Media)

Dengan mengaktifkan notifikasi SMS transaksi, maka saat ada dana masuk dan keluar, bank akan mengirimkan SMS pemberitahuan. SMS notifikasi tersebut dikirim ke nomor telepon yang terdaftar di rekening.

2. Cek Histori secara Berkala

Mengecek histori rekening atau saldo secara berkala merupakan adalah salah satu cara antisipasi paling sederhana. Kamu dapat melakukan ini dengan mudah, kapan saja, dan gratis melalui aplikasi mobile banking atau internet banking bank tersebut.

3. Fitur Verifikasi Dua Langkah

Untuk menjaga keamanan data, amankan perangkat selulermu dengan mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah seperti menggunakan pemindai sidik jari atau wajah.

4. Jaringan Internet Pribadi

Gunakan jaringan internet pribadi dan hindari menggunakan WiFi publik atau free WiFi untuk melakukan transaksi perbankan.

5. Jaga Data Pribadi

Jangan pernah memberitahukan User ID, password, kode OTP, PIN rekening, atau nama Ibu Kandung ke siapapun, termasuk pihak bank. Ubah password secara berkala.

6. Hati-Hati Saat di ATM

Saat menggunakan ATM, pastikan nggak ada benda mencurigakan berupa tempelan alat lain atau nomor telepon bank yang nggak resmi di mesin ATM untuk menghindari terjadinya skimming.

Jika mengalami kesulitan dalam menggunakan mesin ATM, segera datang ke bank. Mawas dirilah terhadap orang di sekitar ATM yang menawarkan bantuan karena berisiko bisa mengetahui password atau melakukan kloning kartumu!

Nah, jika sudah menerapkan langkah-langkah tersebut, semoga uangmu di bank selalu aman dan selamat ya, Millens! (Siti Khatijah/E05)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved