BerandaHits
Kamis, 5 Jan 2023 16:49

Ikuti Tips dari OJK agar Kamu Nggak Kena Tipu

Ikuti Tips dari OJK agar Kamu Nggak Kena Tipu

Ilustrasi: Penipuan sniffing adalah tindak kejahatan penyadapan oleh hacker yang dilakukan menggunakan jaringan internet dengan tujuan utama untuk mencuri data dan informasi penting. (Shutterstock/Antonio Salaverry)

Modus penipuan ada banyak, salah satunya sniffing. Sniffing yang berkedok pesan dari kurir paket marak terjadi belakangan ini. Agar terhindar dari penipuan, ikuti tips dari OJK berikut ini, ya!

Inibaru.id - Penipuan banyak sekali wujudnya. Akhir-akhir ini, marak terjadi modus penipuan baru yang berkedok kurir paket. Penipu berpura-pura menjadi kurir paket lalu mengirimkan file dengan ekstensi APK (aplikasi) melalui Whatsapp.

Pelaku membuat tampilan aplikasi dalam bentuk file dan memanipulasi dengan memberikan nama 'foto' untuk dibuka. Sialnya, foto tersebut merupakan file berupa APK (aplikasi) berbahaya yang bisa mencuri data pribadi di ponsel. Data pribadi itu bisa digunakan oleh pelaku untuk mengambil alih dan menguras saldo rekening.

Dikutip dari laman Instagram terverifikasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di @ojkindonesia, modus tersebut merupakan bentuk penipuan sniffing.

"Modus penipuan sniffing adalah tindak kejahatan penyadapan oleh hacker yang dilakukan menggunakan jaringan internet dengan tujuan utama untuk mencuri data dan informasi penting seperti username dan password m-banking, informasi kartu kredit, password e-mail, dan data penting lainnya," terang OJK.

Tips Menghindari Modus Sniffing

Agar kamu terhindar dari tindak penipuan sniffing ini, coba ikuti tips dari OJK berikut ini.

1. Nggak sembarang mengunduh aplikasi atau meng-klik tautan yang dikirim melalui SMS, WhatsApp, ataupun e-mail.

2. Cek keaslian telepon, SMS, WhatsApp si pengirim ke call center resmi perusahaan.

3. Pastikan hanya mengunduh aplikasi resmi dari sumber resmi seperti website resmi perusahaan, App Store, ataupun Play Store.

4. Jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi transaksi rekening, cek histori rekening secara berkala, ganti password secara berkala.

5. Jangan menggunakan wi-fi publik untuk bertransaksi keuangan.

Setelah melakukan tips-tips tersebut, semoga data pribadi dan tabunganmu aman-aman saja, ya! (Siti Khatijah/E05)

Artikel ini telah terbit di Medcom dengan judul Kenali Modus dan Cara Hindari Penipuan Berkedok Kurir Paket.

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved