5 Kebiasaan yang Bikin Wajahmu Tua Sebelum Waktunya

5 Kebiasaan yang Bikin Wajahmu Tua Sebelum Waktunya
Kebiasaan yang bikin wajahmu tampak tua. (Google)

Sering sebal karena dianggap tua sebelum waktunya? Hal tersebut bisa jadi disebabkan dari 5 kebiasaan buruk yang nggak kamu sadari berikut ini.

Inibaru.id – Sering dikatain tua padahal umurmu masih dua puluhan bahkan belasan? Memang sih nggak ada seorangpun yang bisa menolak tua. Namun ternyata seiring bertambahnya usia, elastisitas pada kulit semakin menurun dan menyebabkan kerutan halus yang bikin kamu tampak tua.

Ternyata garis halus dan kerutan yang bikin kamu tampak tua ini disebabkan oleh berbagai kebiasaan yang nggak kamu sadari. Untuk itu, beberapa kebiasaan buruk berikut ini perlu kamu hindari agar kamu nggak dibilang tua sebelum waktunya!

1. Kualitas Tidur yang Buruk

Perbaiki kualitas tidurmu. (Google)
Perbaiki kualitas tidurmu. (Google)

Nggak cuma berpengaruh pada kesehatan, kualitas tidur yang buruk juga berdampak pada elastisitas kulit. Orang dengan kualitas tidur yang buruk akan mengalami berkurangnya fungsi pelindung kulit yang bikin wajahmu tampak tua. Untuk itu hindari begadang guna memberi kesempatan tubuhmu meregenerasi selnya.

2. Posisi Tidur Salah

Jangan tidur tengkurap. (Google)
Jangan tidur tengkurap. (Google)

Nggak asal nyaman, posisi tidur yang tepat juga membantumu mempertahankan kesehatan kulit. Kompresi mekanis selama tidur bisa merusak kulit dan menyebabkan terbentuknya garis-garis halus yang permanen di wajah. Hindari tidur dengan posisi tengkurap agar kulitmu nggak kehilangan elastisitasnya.

3. Paparan Sinar Biru

Kurangi bermain ponsel dan laptop. (Bukariview)
Kurangi bermain ponsel dan laptop. (Bukariview)

Sinar biru yang dihasilkan oleh laptop dan ponsel menyebabkan gangguan tidur yang berakibat pada penuaan dini. HEV, atau sinar biru yang dipancarkan oleh perangkat elektronik, bisa menembus lebih dalam ke lapisan kulit daripada sinar UV matahari. Hal ini dapat menyebabkan stres oksidatif pada kulit dan membuat kulit mengalami peradangan, penuaan dini, atau bahkan hiperpigmentasi.

4. Kulit Kering dan Dehidrasi

Pakai pelembab. (Google)
Pakai pelembab. (Google)

Membiarkan kulitmu kering dan dehidrasi juga akan menyebabkan penuaan dini. Jangan melewatkan pelembab sesuai dengan jenis kulitmu. Dehidrasi pada kulit disebabkan oleh faktor eksternal seperti pola makan yang nggak sehat, cuaca, dan gaya hidup. Sementara kulit kering, disebabkan kurangnya kandungan minyak pada wajah.

5. Melewatkan Sunblock

Jangan lewatkan memakai sunblock. (Tokopedia)
Jangan lewatkan memakai sunblock. (Tokopedia)

Radiasi sinar UVA atau UVB yang terdapat dalam sinar matahari dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit. Terutama UVB yang dapat menyebabkan efek terbakar pada kulit. Untuk itu jangan pernah melewatkan untuk memakai sublock baik beraktivitas di luar atau dalam rumah.

Lima kebiasaan di atas memang sepele, tapi mudah dilakukan. Nggak mau kan dibilang wajah boros? (Fim/IB27/E05)