Polda Jateng Perketat Penjagaan Tempat Wisata saat Libur Natal dan Tahun Baru

Polda Jateng Perketat Penjagaan Tempat Wisata saat Libur Natal dan Tahun Baru
Ilustrasi: Suasana obyek wisata di Jawa Tengah (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Polda Jateng akan melakukan pengawasan di tempat wisata selama Libur Natal dan Tahun Baru. Pengetatan akan dilakukan di sejumlah tempat untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung.

Inibaru.id â€“ Sebanyak 703 personel anggota kepolisian akan dikerahkan untuk memperketat penjagaan di seluruh obyek wisata alam di wilayah Jawa Tengah.

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy mengatakan, kebijakan ini bertujuan untuk mengantisipasi lonjakan mobilitas masyarakat saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

"Untuk penjagaan di area wisata alam akan ada 31 pos pengamanan didirikan, dengan kekuatan personel sebanyak 703 orang. Sedangkan untuk wisata bahari ada 18 pos pengamanan," tutur Iqbal yang juga menyampaikan, obyek wisata yang menjadi target pengamanan yakni mencakup tempat wisata alam, wisata budaya, wisata bahari, dan alun-alun. 

Tingkat pengamanan disesuaikan dengan level PPKM pada masing-masing kabupaten/kota. Pihaknya menegaskan, semua personelnya sudah diperintahkan untuk memaksimalkan penjagaan, termasuk ikut mendisiplinkan para wisatawan agar mematuhi protokol kesehatan dengan ketat.

Ilustrasi: Penjagaan personel Polisi obyek wisata di Jawa Tengah (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Ilustrasi: Penjagaan personel Polisi obyek wisata di Jawa Tengah (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Hal ini juga mewajibkan pemeriksaan vaksinasi maupun pemeriksaan tes Covid-19. Nggak cuma itu, kepolisian juga menegaskan bahwa pengamanan tempat wisata sangat terstruktur.

"Kesiapannya sudah mulai dari sasaran-sasaran yang harus dilakukan pengamanan. Nanti akan bekerja sama dengan satuan gugus tugas Covid-19, memetakan tempat-tempat tertentu," pungkasnya. (Triawanda Tirta Aditya/E03)