Cegah Lonjakan Kasus Covid-19 Seperti di Kudus, Ganjar Minta Demak Siapkan 3 Hal Ini

Cegah Lonjakan Kasus Covid-19 Seperti di Kudus, Ganjar Minta Demak Siapkan 3 Hal Ini
Ilustrasi: Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ingin Pemkab Demak mempersiapkan sejumlah hal demi mencegah lonjakan kasus Covid-19. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Mengingat wilayah Kabupaten Demak bertetangga dengan Kabupaten Kudus, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo nggak ingin kasus Covid-19 di kabupaten ini melonjak tajam layaknya di Kudus. Nah, Pemkab Demak pun diminta untuk segera mempersiapkan hal ini.

Inibaru.id – Lokasi Kabupaten Demak yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Kudus membuat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo khawatir wilayah ini juga mengalami lonjakan kasus Covid-19. Dia pun meminta pemerintah kabupaten (Pemkab) Demak untuk mempersiapkan 3 hal demi mencegahnya.

Permintaan ini Ganjar ungkap langsung saat berkunjung ke Desa Tugu Lor, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak. Di wilayah itu, sudah ada 26 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan melakukan isolasi mandiri.

“Karena Kudus nempel sama Demak dan sudah merah, kita belajar dari Kudues,” terang Ganjar pada Selasa (8/6/2021).

Nah, apa saja sih yang harus dipersiapkan oleh Pemkab Demak? Yang pertama, Ganjar meminta Pemkab Demak untuk segera menyiapkan tempat isolasi terpusat. Nah, kalau yang ini, sebenarnya Pemkab Demak sudah punya dua tempat. Hanya, usai Ganjar melakukan pengecekan, kedua tempat ini dirasa bakal kurang.

“Saya minta untuk skenario gedung ke 3,4,5 sampai kemudian pada skenario terburuk,” mintanya.

Nah, yang dimaksud dengan skenario terburuk adalah jika sampai angka kasus Covid-19 di Demak melonjak tajam hingga fasilitas kesehatan di sana kewalahan. Jika sampai hal ini terjadi, pemerintah provinsi (Pemprov) Jawa Tengah bakal mengintervensi seperti menjemput pasien ke tempat isolasi.

Kasus Covid-19 di sejumlah daerah semakin meningkat. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Kasus Covid-19 di sejumlah daerah semakin meningkat. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Hal kedua yang perlu dipersiapkan adalah penambahan tempat tidur. Bahkan meski kasusnya nggak melonjak tajam sebagaimana di Kudus, Ganjar tetap meminta hal ini.

“Tempat tidur maupun ICU untuk isolasi rumah sakit saya minta untuk ditambah,” tegasnya.

Nah, yang terakhir, Ganjar meminta seluruh komponen masyarakat, baik itu TNI, Polri, hingga tokoh agama untuk memberikan edukasi bagi warga terkait dengan Covid-19. Edukasi ini nggak hanya soal penerapan protokol kesehatan hingga memudahkan para tenaga kesehatan (nakes) yang membawa pasien ke tempat isolasi. Ganjar mengaku nggak ingin mendengar kasus pasien yang nggak mau dibawa ke tempat isolasi.

Selain berbagai hal itu, Ganjar juga berpesan kepada Pemkab Demak untuk melakukan koordinasi dengan pihaknya dan masyarakat. Masyarakat harus tahu kondisi terkini kasus Covid-19 di sana, kondisi rumah sakit, hingga ketersediaan tempat tidur di sana. Selain itu, dia ingin Pemkab Kudus dan Demak bisa saling membantu sebagaimana saat Kota Semarang juga mau menampung pasien rujukan dari Kudus.

“Terakhir, kalau nanti ada kesulitan saya minta apakah di Demak apakah di Kudus hari ini bisa lapor kepada kita dan saling membantu lah, tadi juga banyak yang dari Kudus dirawat di Demak,” pungkas Ganjar.

Sebenarnya, nggak hanya di Kudus, di banyak tempat di Indonesia kasus Covid-19 juga semakin meningkat, Millens. Nah, kamu pun harus waspada dengan menjaga protokol kesehatan. Untuk sementara, di rumah aja lagi, ya. (IB09/E05)